detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 10:57 WIB

Ibu Kota Baru Diumumkan Hari Ini, Zulhas Minta Jokowi Utamakan Masalah Papua

Andhika Prasetia - detikNews
Ibu Kota Baru Diumumkan Hari Ini, Zulhas Minta Jokowi Utamakan Masalah Papua Zulkifli Hasan (Foto: Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan lokasi ibu kota yang baru pengganti DKI Jakarta hari ini. Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta Presiden fokus dahulu terhadap urusan di Papua.

"Saya sih mengatakan kita sekarang menghadapi teman teman di Papua. Coba lihat video-video itu, itu perlu penanganan serius. Tidak hanya bapak presiden, (tapi) seluruhnya, ya bupatinya, DPR-nya, aparat penegak hukumnya dan jangan lupa sekarang ada dunia internasional, ada PBB, Melanesia, Afrika semua itu saya kira penting sekali penanganan," ujar Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).



Hal ini disampaikan Zulkifli seusai menghadiri pelantikan Wagub Sulteng Rusli Baco Daeng Pallabi. Pendapat Zulkifli itu serupa dengan Amien Rais yang meminta Jokowi sebaiknya fokus ke Papua sebelum memindahkan ibu kota.

"Jadi fokus dulu ke situ kan kalau habis dilantik nanti masih bisa kalau soal ibu kota," ujar Zulkifli.



Sebelumnya, Amien juga meminta Jokowi menunda rencana pemindahan ibu kota negara. Amien meminta Jokowi fokus dulu menyelesaikan masalah di Papua dan Papua Barat.

"Ini masukan dari saya secara tulus ikhlas buat pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Pertama, tunda dulu mengenai pembicaraan pemindahan ibu kota, tunda dulu. Ada yang lebih mendesak lagi, yaitu kemarin kita sadar ada wake-up call, kita tersadarkan bahwa di Papua dan Papua Barat ada gejolak fenomena yang amat sangat memprihatinkan," kata Amien Rais di Acara HUT ke-21 PAN di kolong Jalan Tol Pejagalan, Jl Jembatan Tiga Raya, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8).
(dkp/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com