detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 09:52 WIB

Ibu dan Anak asal Arab Saudi Tewas Terseret Ombak Pantai di Lombok

Harianto - detikNews
Ibu dan Anak asal Arab Saudi Tewas Terseret Ombak Pantai di Lombok Evakuasi kedua mayat korban menuju bibir pantai. (Dok Istimewa)
Lombok Tengah - Dua wisatawan perempuan warga negara Arab Saudi ditemukan mengapung saat berenang di Pantai Tomang Omang, Desa Selong Belanak, Lombok Tengah, NTB. Keduanya tewas terseret ombak.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Purnama pada Senin (26/8/2019) menjelaskan peristiwa yang menewaskan dua perempuan yang merupakan ibu dan anak tersebut.

Korban diketahui bernama Jamilah (49) dan Elham (27). Keduanya terseret ombak saat berenang pada hari Minggu (25/8) sekitar pukul 16.00 WITa.



"Korban warga negara asing, kebangsaan Saudi Arabia yang meninggal dunia disebabkan tenggelam di pantai Tomang-Omang saat berenang," kata Kombes Purnama dalam keterangannya.


Dijelaskannya, rombongan wisatawan keluarga yang berjumlah 16 orang itu datang ke Pantai Tomang Omang. Mereka berenang dengan posisi tempat wanita dan laki-laki terpisah.



Saat berenang tiba-tiba kedua korban terseret ombak. Korban ditemukan setelah pencarian selama setengah jam. Kemudian berhasil dievakuasi ke bibir pantai oleh warga dan anggota Bhabintkamtibmas sekitar pukul 17.00 Wita.

Selanjutnya korban dibawa menggunakan 2 unit mobil ambulans Puskesmas Penujak dan Desa Mangkung menuju Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB di Mataram. Namun pihak keluarga korban menolak untuk dilakukan autopsi.

"Dinas Pariwisata Provinsi NTB akan membantu fasilitas pesawat, kain kafan dan peti jenazah guna pemulangan korban pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019 ini pukul 14.00 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda, transit Jakarta kemudian dilanjutkan ke Jeddah," jelas Purnama.



Tonton juga video Aksi Penyelamatan Wisatawan Terseret Ombak:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com