detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 09:42 WIB

Sempat Kosong Jabatan 3 Tahun, Wagub Sulteng Dilantik Jokowi

Andhika Prasetia - detikNews
Sempat Kosong Jabatan 3 Tahun, Wagub Sulteng Dilantik Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik politikus PAN Rusli Baco Dg Pallabi sebagai wakil gubernur Sulawesi Tengah.Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik politikus PAN Rusli Baco Dg Pallabi sebagai wakil gubernur Sulawesi Tengah. Jabatan ini sempat kosong 3 tahun setelah wagub terdahulu, Sudarto, meninggal dunia.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 66/P/2019 tentang pengesahan dan pengangkatan wakil gubernur Sulteng masa jabatan 2016-2021. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti Rusli.


"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Rusli.

Acara dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ucapan selamat diberikan setelahnya dan diawali oleh Jokowi.

Turut hadir dalam acara pelantikan, yaitu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo alias Pasha, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Mensesneg Pratikno.

Rusli sebelumnya meraih 35 dari 44 suara anggota DPRD Sulteng dengan agenda Pemilihan Wagub untuk sisa masa jabatan 2016-2021. Adapun Rusli menggantikan mendiang Sudarto yang meninggal dunia pada 1 Oktober 2016.



Tonton juga video PSI: Kami Ingin Terlibat Dalam Pansus Wagub DKI:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com