detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 08:35 WIB

Laporan Dari Madinah

Fatigue Death, Penyebab Kematian Terbanyak Jemaah Haji

Ardhi Suryadhi - detikNews
Fatigue Death, Penyebab Kematian Terbanyak Jemaah Haji Foto: Haji 2019 (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Madinah - Usai rangkaian puncak haji, kematian jemaah haji Indonesia justru melonjak. Jumlah korban meninggal dunia kini sudah mencapai 342 jiwa.

Menurut dr Edi Supriyatna MKK, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, ada 4 faktor setidaknya yang menyebabkan jemaah haji mengalami gangguan kesehatan dan kematian.



Pertama adalah air, kedua suhu, ketiga kelelahan, keempat adaptasi. Adapun jumlah kematian yang tinggi saat ini sebagian besar dipicu oleh kelelahan.

"Itu yang disebut fatigue death," tegas dr Edi saat dihubungi detikcom.

Ia menjelaskan, pada jamaah lansia atau jemaah haji yang memiliki faktor risiko internal seperti hipertensi, riwayat jantung iskemik, kencing manis, dan penyakit paru obstruktif kronis apabila kelelahan (exhausted) dan diperparah dengan suhu panas serta kurang minum maka bisa terserang fatigue death.

"Jadi konvergensi penyakit metabolik pada risti (risiko tinggi), plus lingkungan panas-kering, plus kelelahan, itulah penyebab kematian," urai dr Edi.


Sementara untuk keluhan gangguan kesehatan terbanyak dari para jemaah haji di antaranya terkait keluhan jantung, selanjutnya terkait pernapasan dan sirkulasi.

Jemaah haji RI saat ini mulai terpecah konsentrasinya. Ada yang masih di Mekah untuk bersiap pulang ke Tanah Air, tetapi ada pulang yang telah bergeser ke Madinah untuk menunaikan ibadah arbain.

Di Madinah, suhunya saat ini lebih panas ketimbang di mekah. Untuk itu, para jemaah pun harus bersiap menghadapi sengatan terik dan hawa panas di Madinah. Jangan lupa penutup kepala seperti topi, payung, kacamata hitam dan masker ketika keluar hotel. Hal yang juga penting, harus sering-sering minum agar tidak kekurangan cairan.



Berbondong-bondong Salat di 'Taman Surga':

[Gambas:Video 20detik]


(ash/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com