detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 00:25 WIB

2 Santri Korban Tersambar Petir Masih Dirawat di Rumah Sakit

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
2 Santri Korban Tersambar Petir Masih Dirawat di Rumah Sakit Santri tersambar petir di Padang Lawas/Foto: Budi Warsito/detikcom
Medan - Dua santri Pesantren Darul Ilmi yang jadi korban sambaran petir saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan di Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara (Sumut). Disebutkan kondisi keduanya berangsur membaik.

Kedua korban yang dirawat di RSUD Sibuhuan adalah Diah Permata Lubis (13) dan Hotma Ida Hasibuan (13). Diah dan Hotma Ida ditempatkan di ruang perawatan intensif (ICU). Mereka mengalami luka bakar pada bagian kaki dan tangan.


Sejumlah kerabat korban sempat datang menjenguk. Ayah Hotma Ida, Goloman Hasibuan, menyatakan kini kondisi sang anak mulai membaik.

"Membaik, sudah bisa berbicara," kata Goloman, Minggu (25/8/2019).

Diberitakan sebelumnya, enam santri Pesantren Darul Ilmi jadi korban sambaran petir. Empat selamat, sementara dua tewas.


Dua korban tewas masing-masing Riskiyah Lubis (13) dan Ika Pertiwi (13). Sedangkan empat korban yang menderita luka masing-masing Diah Permata Lubis (13), Hotma Ida Hasibuan (13), Sadiana Lubis (16), dan Hotmadina Lubis (13). Sadiana dan Hotmadina telah diizinkan pulang dari rumah sakit.

Para santri dilaporkan tersambar petir saat sedang mencari bambu untuk kegiatan sekolah. Kala itu, ada 30 santri yang mencari bambu. Sekitar pukul 15.40 WIB mendadak turun hujan disertai angin kencang dan petir. Sebagian siswi kemudian lari dan berteduh di gubuk terdekat.

Sebagian santri lainnya berteduh di bawah pohon sawit sekitar sawah. Ada juga yang berteduh di sekitar pohon bambu.

"Lalu tiba-tiba ada petir menyambar lima orang yang berada di sekitar pohon bambu," kata Pengajar Pesantren Darul Ilmi, Ustaz Julhas Nasution, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (25/8).
(tsa/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com