detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 22:13 WIB

Dishut DKI: Instalasi Gabion Bisa Jadi Edukasi Masyarakat

Audrey Santoso - detikNews
Dishut DKI: Instalasi Gabion Bisa Jadi Edukasi Masyarakat Foto: Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati (Audrey/detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan instalasi gabion di kawasan Bundaran Hotel Indonesia bisa jadi sarana edukasi masyarakat. Menurutnya, material gabion yang berupa batu gamping terumbu menjadi pengetahuan baru.

"Keberadaan gabion ini bermakna untuk masyarakat. Jadi kalau anak-anak sekolah atau orang awam datang untuk ke titik temu HI ini dia bisa melihat edukasi," kata Suzi di lokasi instalasi gabion, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019).


Suzi sendiri telah menjelaskan bahwa instalasi gabion menggunakan material batu gamping terumbu atau gamping kerangka. Dia menegaskan batu gamping terumbu memang digunakan untuk kepentingan ornamen.

"Yang mana memberikan satu penjelasan yang namanya terumbu karang dengan faktor proses alami, proses ekologi menjadikan dia jutaan tahun. Menjadi batu gamping yang dapat digunakan untuk ornamen-ornamen lanskap. Misalkan digunakan untuk bahan bangunan dan sebagainya," ujarnya.


Ia menambahkan, instalasi gabion dibuat dengan mengusung konsep penyelaras lingkungan. Hal itu tampak dari susunan instalasi gabion yang terdiri atas batuan dan tanaman.

"Batu ini memang kita buat. Kemarin itu kan kalau gabion itu kita lihat adalah sebuah keranjang ya, susunan batu bata yang lazimnya itu dibuat secara alami di sungai, sebagai penyerap air, dan di sini memang kita mencotohkan kemarin adalah satu kaitannya dengan HUT RI. Kedua, dengan pelestarian lingkungan, di mana di tempat ini kita gambarkan, kita buatkan contoh penyelaras lingkungan. Kita buatkan tanaman-tanaman contoh jenisjenis polutan. Kenapa batu? Batu itu juga kan alamiah. Jadi kita buat seperti itu konsepnya," tutur Suzi.
(tsa/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com