detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 17:41 WIB

Terpilih Jadi Anggota DPR F-PAN, Lulung Janji Terus Kritis ke Pemerintah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Terpilih Jadi Anggota DPR F-PAN, Lulung Janji Terus Kritis ke Pemerintah Lulung (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Anggota DPR RI terpilih dari PAN Abraham Lunggana (Lulung) mengaku akan kritis terhadap pemerintah. Lulung menyebut apa pun sikap PAN nantinya tidak begitu penting asalkan terus mengabdi kepada rakyat.

"Saya sebagai anggota partai dipercaya rakyat, anggota parlemen di Fraksi PAN. Partai saya koalisi atau tidak, tidak begitu penting, yang penting adalah mengabdi kepada bangsa dan negara mengabdi apa yang diamanahkan kepada saya dari rakyat," ucap Lulung kepada wartawan di Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2019).

"Saya akan terus kritis akan ikuti terus pemerintah dan saya berikan masukan kepada pemerintah di mana pemerintah tidak jalankan sesuai aturan," lanjut Lulung.


Dia mengaku tidak akan asal memberi kritik, tapi kritik dengan solusi. "Bukan kritis tanpa solusi, buat saya ini amanat rakyat buat kita bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi," ucap Lulung.

Lulung akan tetap bekerja menjalankan fungsi dari legislatif. Fungsi itulah yang perlu dipegang dan dijalankan.

"Tugas pokok fungsi anggota Dewan tiga. Pertama, buat UU; kedua, ikut serta hak budget; ketiga adalah pengawasan," ucap Lulung.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjelaskan soal pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyebut partainya tak ikut kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Zulklifi menilai kekuatan koalisi pemerintahan Jokowi sudah cukup besar.

"Tadi saya sampaikan ke Pak Amien, 'Pak, ini orang-orang PAN banyak yang sampaikan oposisi.' Saya bilang, 'Di sana sudah, sudah jelas mereka memang sudah kuat, sudah cukup,'" kata Zulkifli seusai perayaan HUT ke-21 PAN di kolong Jalan Tol Pejagalan, Jl Jembatan Tiga Raya, Pluit Jakarta Utara, Jumat (23/8).


Dia memandang tak perlu lagi bagi PAN ikut dalam kabinet Jokowi tersebut. Namun Zulhas memastikan PAN akan tetap mendukung pemerintahan Jokowi tanpa syarat.

"Jadi kita mendukung-mendukung saja, tidak pakai syarat. Kita dukung saja agar Pak Jokowi pemerintahannya sukses, apalagi menghadapi persoalan-persoalan berat seperti sekarang ini," ujarnya.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com