detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 16:13 WIB

Pemkab Karo Segera Bangun Rumah untuk Pengungsi Sinabung Tahap III

Budi Warsito - detikNews
Pemkab Karo Segera Bangun Rumah untuk Pengungsi Sinabung Tahap III Bupati Karo Terkelin Brahmana (Budi Warsito/detikcom)
Samosir - Pembangunan rumah pengungsi untuk korban erupsi Sinabung tahap III di Siosar, Kabupaten Karo, akan segera dilakukan. Saat ini, material dan bahan bangunan sudah dipersiapkan.

"Progressnya sudah berjalan. Material dan barang-barang sudah naik ke atas sudah dimobilisasi, tinggal action" ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana, Minggu (25/8/2019).

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menunggu jadwal untuk peletakan batu pertama pembangunan rumah pengungsi tahap ketiga itu. Rencananya, peletakan batu pertama itu akan dihadiri Kepala BNPB Doni Monardo serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

"Dananya sudah, baik untuk pembangunan rumah, infrastruktur. Tinggal action saja. Perencanaan peletakan batu pertama tentatif. Mudah-mudahan cepat. Lebih cepat lebih bagus," imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, pengungsi sementara ada di huntara (hunian sementara). Ada juga sebagian yang menyewa rumah.

"Ada yang sudah diberi sewa rumah dan sewa lahan sampai akhir tahun. Setahun Rp 3,5 juta," tutur Terkelin.

Untuk diketahui, anggaran pembangunan rumah pengungsi Gunung Sinabung sebesar Rp 161 miliar. Dana hibah dari BNPB tersebut akan digunakan untuk membangun 892 unit rumah.
(fdu/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com