detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 14:37 WIB

PSI Kebut Tatib DPRD DKI Usai Pelantikan, Pemilihan Wagub Salah Satunya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
PSI Kebut Tatib DPRD DKI Usai Pelantikan, Pemilihan Wagub Salah Satunya Konferensi Pers PSI (Sachril/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 akan dilantik pada Senin (26/8) besok. Setelah dilantik, 8 anggota DPRD dari PSI akan langsung mengejar pembahasan tata tertib (tatib) DPRD DKI, salah satunya mekanisme pemilihan wagub.

"Besok anggota DPRD kita sudah siap bekerja. Ada agenda penting di Jakarta, yakni tata tertib Dewan. Di DPRD itu pada saat sudah dilantik, yang dikejar ada tata rertib," ujar Ketua DPW PSI Jakarta Michael Victor Sianipar dalam konferensi pers di Novotel Hotel, Jalan Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (25/8/2019). Dalam konferensi pers tersebut, PSI DKI Jakarta mengenalkan 8 kadernya yang akan duduk di kursi DPRD DKI Jakarta.

Menurut Michael, tatib DPRD mengatur semua prosedur yang ada di DPRD, dari hak dan tanggung jawab hingga pengambilan keputusan. PSI menilai pembuatan tatib sangat penting. Dia lalu menyoroti kinerja DPRD DKI periode 2014-2019.

"Kalau kami lihat 5 tahun terakhir, DPRD DKI Jakarta pencapaian tidak bagus. Anggarannya tidak tajam pembahasannya. Hal kecil, seperti pin emas, tidak diributkan. Baru ramai setelah PSI menolak," tuturnya.

Michael mengungkapkan seharusnya banyak anggaran yang bisa diefisienkan oleh DPRD DKI Jakarta.

"Apalagi kami lihat anggaran APBD DKI Jakarta di 2020 diproyeksi Rp 96 triliun. Itu akan menjadi prioritas kita. Kita pastikan transparan dan partisipatif," imbuhnya.


PSI juga berharap tatib DPRD DKI Jakarta mengatur kunjungan kerja anggota DPRD DKI. Michael mengungkapkan anggaran kunjungan kerja DPRD DKI pada 2018 sebesar Rp 88,9 miliar dan Rp 65,9 miliar pada 2019.

"Kami harap di tata tertib Dewan bisa diatur. Rapat-rapat hasilnya apa, kunjungan kerja hasilnya apa. Dibuka publik apa nggak. Ini yang akan kami tanyakan. Jadi ada pembahasan yang bisa diamati publik," paparnya.

PSI pun akan menyiapkan strategi pemilihan wakil gubernur dalam tatib DPRD DKI.

"Kami harap pansus yang baru harus segera dibentuk. Pansus baru ini harus segera menentukan aturan mainnya. Supaya kita bisa mengejar agar wakil gubernur tidak molor," ucapnya.




Tonton Video PSI: Kami Ingin Terlibat dalam Pansus Wagub DKI:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com