Kuasa Hukum Habib Rizieq Banggakan Milad FPI Dihadiri Anies Baswedan

Kuasa Hukum Habib Rizieq Banggakan Milad FPI Dihadiri Anies Baswedan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Agu 2019 12:12 WIB
Ketua Aliansi Anak Bangsa Damai Hari Lubis melaporkan Menag Lukman Hakim ke Bawaslu. (Dwi/detikcom)
Ketua Aliansi Anak Bangsa Damai Hari Lubis melaporkan Menag Lukman Hakim ke Bawaslu. (Dwi/detikcom)
Jakarta - Kuasa hukum Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab, Damai Hari Lubis, menanggapi pernyataan Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Di sela pernyataannya, terselip keterangan milad FPI yang digelar kemarin dihadiri Gubernur DKI Anies Baswedan.


Damai awalnya menyoroti beda pernyataan antara Ngabalin dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Menurut Damai, ajakan dialog dari Ngabalin bertolak belakang dengan pernyataan Moeldoko yang menutup pintu dialog dengan FPI.

"Terkait pernyataan Ngabalin soal tanggapannya mengajak dialog terhadap Habib Rizieq, kami sampaikan perlunya sinkronisasi atau apakah bisa diartikan oleh kami statement Ngabalin sebagai ralat pernyataan Moeldoko sebelumnya tentang tutup dialog dengan FPI? Karena menurut kami, FPI dan IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Syihab, red) adalah identik atau satu kesatuan tak terpisahkan," kata Damai kepada wartawan, Minggu (25/8/2019).

Ngabalin memang mengajak Habib Rizieq menunjuk delegasi untuk berdialog dengan pihaknya soal Pancasila. Namun bagi Damai, dialog tersebut tak selayaknya didelegasikan sambil menyebut kehadiran Anies Baswedan di milad FPI ke-21.

"Kalau soal pemahaman terkait politik kebangsaan dan hal wawasan serta kematangan pemahaman (filosofis) seseorang, tentu hendaknya tidak dengan cara dialog melalui delegasi, tentunya sulit akan sampai kepada pemahaman yang sempurna terkait hal yang inti tentang maksud IB HRS terkait pernyataannya pada milad FPI ke-21 di Rawa Badak, Jakarta Utara, kemarin pada tanggal 24 Agustus 2019 yang dihadiri oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. Pernyataan IB HRS tersebut adalah Pancasila adalah ibarat fondasi yang kokoh, sedang pilar adalah sekadar penyangga yang mudah dirobohkan," papar Damai.


Kembali ke soal dialog, Damai meminta Ngabalin menyampaikan ke Presiden Jokowi untuk memulangkan Habib Rizieq ke Indonesia. Upaya pemulangan itu juga harus disertai janji menghentikan segala perkara yang pernah dilaporkan terhadap Habib Rizieq. (tor/tor)