detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 21:58 WIB

Pekan Konstitusi 2019 Dimulai, Mahasiswa Bakal Tarung Gagasan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Pekan Konstitusi 2019 Dimulai, Mahasiswa Bakal Tarung Gagasan Foto: Alfi Kholisdinuka
Jakarta - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono membuka Pekan Konstitusi 2019. Event in berisi serangkaian kegiatan yang akan membuka ruang gagasan literasi bagi generasi muda khususnya mahasiswa dalam menyampaikan pikiran mengenai konsep nilai tata negara.

Pekan Konstitusi Tahun 2019 ini terdiri dari tiga kompetisi yakni Debat Konstitusi, Academic Constitutional Darfting serta Karya Tulis Ilmiah yang melibatkan mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia yang terdiri dari 20 provinsi.

"Ini adalah kesempatan bagi Saudara-saudara untuk menyampaikan pikiran dan gagasannya untuk memperkaya khasanah cara pandang dan wawasan yang sekarang sedang dinamis ada di MPR, jadi kami mengharapkan dukungan dan aspirasi Saudara-saudara, " ujar Cahyono dalam sambutannya, di Hotel Santika Premier Jakarta, Sabtu (24/8/2019).


Cahyono mengatakan pada tiga kompetisi tersebut pihaknya berharap para mahasiswa dapat memberikan gagasan visionernya sehingga bisa berkontribusi dalam mengevaluasi sistem ketatanegaraan, mengevaluasi dan melihat secara kritis konstitusi nasional dari berbagai aspek, khususnya pada tataran pelaksanaannya.

"Karena itu harapan saya mewakili dari lembaga MPR kita lakukan pekan konstitusi ini dalam rangka itu semuanya, yang tentu memiliki tematik tematik tertentu. Nanti pada akhirnya adalah agar bagaimana sistem tata negara, sistem konstitusi dan pelaksanaannya semakin baik," jelasnya.


Sementara itu, Ketua panitia Pekan Konstitusi Tahun 2019, Tommy Andana mengatakan terkait kompetisi pada Debat Konstitusi, Academic Constitutional Darfting serta Karya Tulis Ilmiah, pihaknya telah melakukan seleksi para peserta dari universitas di seluruh Indonesia.

Dia mengatakan saat ini seluruh kompetisi itu sudah masuk dalam babak final yang dibagi empat babak yakni penyisihan, perempat final, semifinal dan final. Berikut daftar perwakilan universitas yang lolos hingga saat babak final:

Finalis Debat Konstitusi
Universitas Syiah Kuala selaku Juara Debat Konstitusi Tahun 2018, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, UIN Raden Intan, Universitas Tarumanagara, UIN Sunan Gunung Jati Bandung Universitas Sebelas Maret, Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Tanjungpura, Universitas Mulawarman Kaltim, IAIN Manado, Universitas Tadulajo, Universitas Hasanuddin, Universitas Udayana, Universitas Nusa Cendana NTT, Universitas Khairun Ternate, Universitas Papua.

Finalis Academic constituional drafting
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Pelita Harapan, IAIN Tulung Agung, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia.

Finalis Karya Tulis Ilmiah
Universitas Gorontalo, Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com