detikNews
2019/08/24 21:08:05 WIB

Round-Up

Hong Kong Tegang, Demonstran-Polisi Saling Berhadapan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hong Kong Tegang, Demonstran-Polisi Saling Berhadapan Demo di Hong Kong/Foto: AFP
Jakarta - Penolakan masyarakat Hong Kong terhadap RUU Ekstradisi yang diinisasi pemerintah kian memanas. Situasi di Hong Kong kembali tegang, hingga polisi dan para pengunjuk rasa berhadap-hadapan.

Dirangkum detikcom, Sabtu (24/8/2019), warga Hong Kong terus menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU Ekstradisi. RUU ini mengusulkan perubahan perjanjian ekstradisi berupa diperbolekannya penjahat yang tertangkap di Hong Kong diekstradisi ke China. Ketidaksetujuan warga Hong Kong terhadap RUU Ekstradisi berbuntut demonstrasi pertama pada Maret 2019.

Hari ini, ketegangan kembali terjadi. Aparat polisi anti huru-hara berhadapan dengan para pengunjuk rasa di dekat kantor polisi di sebuah kawasan kelas pekerja.


Pada peristiwa kericuhan hari ini, ribuan demonstran yang memakai masker gas dan membawa payung, berjalan melintasi kawasan industri Kwun Tong. Namun, di lokasi, mereka diadang puluhan polisi anti huru-hara yang dilengkapi dengan perisai dan pentungan.

Dalam aksinya, para demonstran membuat barikade penghalang lalu lintas dengan menumpuk tiang-tiang konstruksi bambu, sambil meneriaki para polisi. Para polisi anti huru-hara hari menembakkan gas air mata ke arah para demonstran.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com