detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 15:50 WIB

Kapal Garuda Jaya Bocor di Perairan Taliabu, 9 Orang Masih Dicari

Mohammad Qadri - detikNews
Kapal Garuda Jaya Bocor di Perairan Taliabu, 9 Orang Masih Dicari Foto: Kapal Garuda Jaya mengalami kecelakaan bocor di perairan Taliabu, Halmahera Utara. Dok. Istimewa
Palu - Kapal Layar Motor (KLM) Garuda Jaya yang berlayar dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah mengalami kecelakaan bocor di perairan Taliabu, Halmahera Utara. Lima dari 14 orang yang sempat terjebak di kapal itu ditemukan selamat.

Tim SAR Palu hingga kini masih mencari keberadaan sembilan orang penumpang lainnya. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano, mengatakan Tim SAR Palu awalnya menerima laporan tersebut pada Jumat 23 Agustus 2019 malam hari. Kemudian, kata dia, Tim SAR Palu melakukan pencarian.

"Dari 14 orang penumpang yang berada dalam kapal, kami sudah menemukan 5 orang terdampar di sekitaran Pulau Sonit, Kecamatan Bokan, Kabupateng Banggai Kepulauan, sekitar pukul 11.00 Wita," ungkap Kakansar Palu Basrano pada Sabtu (24/8/2019).

 Tim SAR Palu hingga kini masih mencari keberadaan sembilan orang penumpang lainnya. Tim SAR Palu hingga kini masih mencari keberadaan sembilan orang penumpang lainnya. Foto: dok. Istimewa
Atas laporan yang diterima, kapal tersebut merupakan kapal penumpang yang berlayar sejak Kamis (22/8) dan diperkirakan tiba di Halmahera Jumat (23/8). Kapal tersebut merupakan kapal barang.



Menurutnya, belum diketahui penyebab bocornya kapal tersebut. Namun demikian perairan Taliabo sangat buruk pada saat kapal berlayar dari Banggai..

Lima orang ditemukan selamat.Lima orang ditemukan selamat. Foto: dok. Istimewa

Adapun unsur SAR yang terlibat di dalamnya masing-masing Tim Penyelamatan Pos SAR Luwuk sebanyak 5 orang, ABK KN SAR Bhisma 7 orang, Polairud 5 orang, Koramil Tikong 4 orang, BPBD 2 orang dan 6 orang warga.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com