detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 13:52 WIB

Bumil Diberi Vitamin Kedaluwarsa, Dinkes DKI: Kondisi Janin Baik

Arief Ikhsanudin - detikNews
Bumil Diberi Vitamin Kedaluwarsa, Dinkes DKI: Kondisi Janin Baik Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan kondisi janin Ny N (25), yang sempat diberi vitamin kedaluwarsa, dalam kondisi baik. Hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan USG yang dilakukan dokter di RS BUN.

"Diperiksa oleh dokter spesialis kebidanan dan dilakukan USG, hasilnya dokter menyatakan ibu dan janin dalam keadaan baik," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati dalam keterangannya kepada detikcom, Sabtu (24/8/2019).

Ani menambahkan, dari pemeriksaan USG ini, kondisi janin dipastikan tidak mengalami gangguan. "Kalau menurut dokter baik, berarti dalam keadaan normal tidak ada gangguan," imbuh Ani.


Sebelumnya, N melaporkan kasus ini ke Polres Metro Jakarta Utara. N melapor setelah mengalami mual, muntah, dan perut sakit setelah diberi vitamin dari puskesmas yang ternyata, setelah dicek, sudah kedaluwarsa.

N melaporkan pihak puskesmas ke Polsek Penjaringan pada 15 Agustus 2019. Dalam laporan bernomor 940/K/VIII/2019/SEK.PENJ, pihak puskesmas dilaporkan atas tuduhan Pasal 8 UU RI No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi terkait laporan tersebut. Di antaranya kepala puskesmas, bidan, hingga apoteker.

Sejauh ini polisi belum menetapkan tersangka terkait kejadian itu. Polisi sendiri masih mencari tahu apakah pemberian vitamin kedaluwarsa itu mempengaruhi perkembangan janin Ny N.

"Kita masih melakukan pendalaman-pendalaman. Jadi kita tidak mau buru-buru menetapkan tersangka. Tapi kita menguatkan dulu bahwa memang benar obat itu juga berpengaruh atau berdampak pada kondisi si ibu dan jabang bayinya ini harus kita pastikan dulu," jelas Kombes Budhi di Polda Metro Jaya, Jumat (23/8).


(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com