detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 10:43 WIB

Buka Forum Pembauran Kebangsaan, Anies Ingatkan Persatuan Bangsa

Zunita Putri - detikNews
Buka Forum Pembauran Kebangsaan, Anies Ingatkan Persatuan Bangsa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka pagelaran budaya dan festival kuliner yang digelar 'Forum Pembauran Kebangsaan'. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka pergelaran budaya dan festival kuliner yang digelar 'Forum Pembauran Kebangsaan'. Anies mengingatkan pentingnya persatuan di Indonesia.

"Kita rasakan betul, Jakarta jadi simpul, kami berkali-kali katakan perjalanan pembentukan negara cikal bakal ada di mana-di mana, tapi ketemunya di Jakarta. Bangsa Indonesia dengan unsur variasi miliki latar berbeda-beda, tapi keunikannya bukan hanya keberagamannya, yang unik justru karena persatuan bangsa ini," kata Anies saat sambutan di Monas, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).


Karena itu, Anies meminta warga Jakarta yang memiliki warga macam-macam budaya harus menjaga persatuan bangsa.

"Yang harus kita dorong adalah gimana persatuan hadir di tempat ini. Kadang-kadang kita terlalu sering bicara beragam, tapi lupa persatuannya, padahal ini yang buat kita unik," katanya.

Melalui Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Anies berharap warga Jakarta menjaga persatuan bangsa. Dia pun meminta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mendukung forum ini. Anies berharap forum ini akan makin besar guna menjaga persatuan.


"Khusus buat forum pembauran kebangsaan, insyaallah forum ini makin besar, nanti Kesbangpol ikut dukung dalam forum pembauran ini. Kita harap Jakarta bisa jadi tuan rumah. Rencana tahun depan, kita bicarakan detail seperti apa, karena yang penting bukan hanya lokasi, tapi interaksi yang sangat dipentingkan," ucapnya.

Dalam acara ini, Forum Pembauran Kebangsaan ini juga membacakan empat sikap forum ini kepada Anies. Empat sikap atau perjanjian forum itu kemudian diserahkan kepada Anies.

Berikut ini 4 sikap yang dinyatakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi DKI:

1. Siap jadi pilar, garda terdepan pembauran kebangsaan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI harga mati.

2. Berjanji akan setia pada Pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia dan meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa.

3. Menciptakan harmonisasi atas pluralisme, etnis, suku, dan RAS dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4. Mendukung Pemprov DKI Jakarta dalam upaya menciptakan situasi kota Jakarta tetap aman, tentram, damai, dan kondusif sesuai dengan misi Gubernur, yaitu maju kotanya bahagia warganya.



Simak Video "Karut-marut Drama Memilih Wakil Anies"

[Gambas:Video 20detik]
(zap/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com