detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 22:26 WIB

Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota, Apa Rencana Anies Buat Jakarta?

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota, Apa Rencana Anies Buat Jakarta? Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan belum memikirkan rencana setelah ibu kota pindah. Dia menyebut menunggu peraturan resmi lebih dulu.

"Kita tunggu sampai keluar peraturan-peraturannya. Saat ini belum ada peraturan," ucap Anies kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (23/8/2019).



Anies lalu bicara soal Undang-Undang nomor 29 tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Sebagai Ibu Kota NKRI. Selama UU itu belum diubah, ibu kota negara tetap di Jakarta.

"Jadi kalau ditanya, masih berlaku undang-undang tentang kekhususan ibu kota DKI Jakarta, selama itu masih ada, ya kami bekerja berdasarkan undang-undang," ucap Anies.

Maka itu, Anies menanti adanya peraturan baru. "Nanti kalau sudah ada peraturan baru, nanti kita akan bekerja dengan peraturan baru," sambung Anies.



Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur masih menjadi alternatif. Pasalnya, Bappenas masih melakukan kajian terhadap lokasi calon ibu kota.

"(Kaltim) itu alternatifnya, antara lain. Itu saya koreksi. Salah satu alternatif. Tunggu saja, ada beberapa studi yang dikerjakan Bappenas nanti presiden akan umumkan," jelasnya di kantor pusat BPK, Jakarta.

Bappenas, lanjutnya, sedang melakukan kajian terhadap lokasi calon ibu kota baru. Namun Sofyan tidak mengetahui pasti apa saja kajian yang dilakukan.
(aik/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com