detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 18:11 WIB

Satpam Iskandar Digigit Ular Weling di Jari Telunjuk, Tak Merasa Sakit

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Satpam Iskandar Digigit Ular Weling di Jari Telunjuk, Tak Merasa Sakit Ular weling yang menggigit Iskandar. (dok.screenshot video)
Tangerang - Sekuriti Cluster Michella, Gading Serpong, Serpong, Tangerang, Iskandar (44), tewas setelah digigit ular berbisa. Iskandar sempat mengisap telunjuk yang digigit ular tersebut untuk mengeluarkan racun dari tubuhnya.

Syahroni (42), kakak ipar korban, menuturkan peristiwa itu terjadi pada Selasa (20/8) sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu Iskandar bersama temannya, Jaelani, diminta mengamankan ular di dekat rumah warga.

"Setelah dipanggil, ular itu ditangkap sama dia. Kurang-lebih jam 07.00 malam, habis magrib. Waktu itu dia berdua katanya," kata Syahroni saat ditemui di kediaman Iskandar di Desa Cihuni, Pagedangan, Tangerang, Jumat (23/8/2019).

Iskandar kemudian berhasil menangkap ular itu dengan tangan kosong. Tiba-tiba, jari telunjuk kirinya digigit ular jenis weling itu.

"Pas dipegang sama dia, ularnya ngegigit, langsung diisap sama dia bekas gigitannya. Dipikirnya nggak apa-apa, ularnya udah dimatiin juga," tutur Syahroni.

Teman Iskandar sempat bertanya kondisinya setelah digigit ular. Tetapi Iskandar mengatakan dirinya baik-baik saja.



"Ditanya sama temannya, 'Pak Iskandar, sakit nggak?' kata dia, 'Nggak,'" katanya.

Iskandar bahkan sempat memainkan ular tersebut. Iskandar baru merasakan efek bisa ular tersebut setelah beberapa lama kemudian.

"Yang namanya bisa kan nggak langsung kerasa kan ya, berapa menit atau berapa jam. Tapi sehabis itu dia pingsan, di situ juga," imbuhnya.

Iskandar kemudian dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tidak sadarkan diri. Setelah mendapatkan penanganan di rumah sakit, Iskandar dibawa kembali pulang ke rumahnya.

Iskandar dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (21/8) subuh.

"Iya, subuh. Tapi pas meninggal kata dokternya sih jam 06.00 pagi kurang," kata istri Iskandar, Siti Raudah (38).






Tonton Video Pertolongan Pertama Gigitan Bisa di Penangkaran Ular Deli Serdang:

[Gambas:Video 20detik]


(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com