detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 13:26 WIB

Kasus Senpi Ilegal Segera Disidang, Kivlan Zen Tetap Melawan Lewat Praperadilan

Yulida Medistiara - detikNews
Kasus Senpi Ilegal Segera Disidang, Kivlan Zen Tetap Melawan Lewat Praperadilan Kivlan Zen (Foto: Iswahyudi/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya sudah melimpahkan barang bukti dan tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal, Kivlan Zen, ke Kejari Jakarta Pusat. Meski begitu, Kivlan Zen tetap melanjutkan perlawanannya melalui gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

"Kalau belum (sidang di PN Jakpus), berarti ini jalan terus (praperadilan). Kita harapkan yang nomor 99 penetapan tersangka, kalau itu dikabulkan berarti otomatis Pak Kivlan harus dibebaskan. Jadi kami teruskan (praperadilan) tidak kami stop," kata Tonin, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2019).



Tonin mengatakan sidang praperadilan akan digelar cepat tanpa menghadirkan saksi. Dengan demikian, sidang praperadilan akan diputus lebih dulu dari sidang pokok perkara.

Tonin menegaskan praperadilan tak akan gugur selam sidang pokok perkara belum dimulai.

"Kalau sudah dilimpahkan, belum disidangkan (di PN Jakpus) belum gugur. Kalau sudah disidang disana, ini gugur putusannya (praperadilan)," ujarnya.



Tonin optimistis perkara pokoknya di PN Jakpus tidak akan digelar mendahului sidang praperadilan yang dia ajukan di PN Jaksel. Sebab dia menilai hakim di PN Jakpus sedang menangani perkara kerusuhan 22 Mei yang terdapat banyak terdakwa.

Tetapi, jika sidang pokok perkaranya sudah akan dimulai, Tonin mencurigai itu terpaksa dilakukan untuk mengejar praperadilan yang dia sedang ajukan.

"Saya yakin enggak terkejar karena ada 300 perkara 21-22 yang disidangkan disana, itu sudah keteter, hakim cuman 8 tim nggak akan mampu terkejar, harusnya Pak Kivlan ini baru 2 atau 3 bulan lagi disidang. Jadi disidangkan ada gara-gara praperadilan berarti khawatir kalah, itu aja," sambungnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melimpahkan berkas kasus Kivlan Zen dan Habil Marati ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Kejari Jakpus). Keduanya akan segera disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Betul akan segera disidangkan," kata Kasi Intel Kejari Jakpus Andy Sasongko saat dimintai konfirmasi, Kamis (22/8).


Berkas Lengkap, Kivlan Zen dan Habil Marati Diserahkan ke Kejari Jakpus:

[Gambas:Video 20detik]




(yld/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com