detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 11:00 WIB

Deddy Mizwar Penuhi Panggilan KPK, Mengaku Tak Tahu Soal Iwa Karniwa

Zunita Putri - detikNews
Deddy Mizwar Penuhi Panggilan KPK, Mengaku Tak Tahu Soal Iwa Karniwa Mantan Wagub Jabar Deddy Mizwar di KPK (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Deddy Mizwar mengaku tidak pernah membahas soal proyek Meikarta dengan Iwa Karniwa sebagai Sekda Jabar. Iwa sendiri saat ini telah berstatus tersangka di KPK karena diduga menerima suap.

Deddy terlihat tiba di KPK memenuhi panggilan penyidik pada pukul 10.40 WIB. Deddy akan menyampaikan keterangan ke penyidik sebagai saksi.

"Diperiksa sebagai saksi atas tersangka Iwa Karniwa," ucap Deddy setibanya di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2019).

"Insyaallah kita berikan keterangan yang sesuai kita tahu," imbuh Deddy.




Iwa dijerat KPK lantaran diduga menerima suap terkait pembahasan Raperda RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Pemkab Bekasi yang ditengarai untuk kepentingan proyek Meikarta. Namun Deddy mengaku tidak tahu tentang peran Iwa tersebut.

"Nggak tahu. Saya cuma tahu dari dengar berita aja bahwa dia jadi tersangka. Saya juga nggak tahu," kata Deddy.

"Nggak (pernah membahas soal proyek Meikarta dengan Iwa). Kan sudah selesai yang 84,6 hektare sudah selesai dan itu hak mereka. Yang jadi persoalan kemarin kan raperda, raperda perubahan tata ruang. Nggak tahu saya tuh," imbuh Deddy.

Diketahui, Iwa yang merupakan mantan Sekda Jabar ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima duit Rp 900 juta. Uang itu diberikan oleh salah satu terpidana kasus Meikarta, Neneng Rahmi, yang merupakan mantan pejabat di Pemkab Bekasi.




Tonton video ICW Nilai KPK Belum Tuntaskan Kasus Meikarta:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com