detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 09:15 WIB

Tertimpa Pohon Saat Padamkan Api di Tahura Senami, Anggota Manggala Agni Tewas

Khairul Ikhwan Damanik, Ferdi Almunanda - detikNews
Tertimpa Pohon Saat Padamkan Api di Tahura Senami, Anggota Manggala Agni Tewas Foto: Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Antara Foto)
Jambi - Anggota Manggala Agni Daops Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi bernama Asmara meninggal dunia saat sedang berusaha memadamkan kebakaran hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Senami. Dia tewas tertimpa pohon.

Berdasarkan keterangan BNPB, kejadian itu bermula pada Kamis (22/8/2019) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu, Asmara yang juga merupakan anggota satuan tugas (satgas) karhutla berupaya sedang melakukan pemadaman api di Tahura Senami dengan menggunakan tangki milik MA Daops Muara Bulian. Namun, suplai air di tangki tersebut habis.


Tim, termasuk Asmara beserta Kuntoro dari Manggala Agni, kemudian melakukan pengisian ulang tangki dengan menggunakan sepeda motor. Tak lama berselang, baru beberapa meter perjalanan, sebatang kayu besar roboh hingga menimpa kepala dari anggota Manggala Agni bernama Asmara tersebut hingga membuatnya tak sadarkan diri.

Korban saat itu kritis dan dibawa ke RSUD Abdul Majid Batoe Muara Bulian, Batanghari, Jambi. Korban kemudian dirujuk ke RS Siloam, Kota Jambi. Pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.15 WIB, anggota Manggala Agni Daops Muara Bulian itu meninggal dunia.


"Iya benar, kejadiannya pada Kamis sore, saat ini jenazah sudah berada di rumah duka untuk segera dimakamkan. Rencana dimakamkan setelah habis salat Jumat," kata Rinaldi kepada detikcom.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Jambi, Dony Osmond menyebut Asmara segera dimakamkan siang ini. Asmara yang merupakan warga kelahiran Desa Bathin, Kecamatan Bajubang Batanghari Jambi, meninggalkan 1 istri dan 2 anak.

"Pemakaman rencananya pada siang ini, sehabis salat Jumat," kata Dony Osmond kepada wartawan di rumah duka, Jumat (23/8/2019) pagi.



Tonton juga video Menteri LHK Klaim Hotspot Kebakaran Hutan di Kalimantan Berkurang:

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com