detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 08:59 WIB

Laporan Dari Madinah

Sambil Nunggu ke Madinah, Jemaah Bisa Perbanyak Amalan Ini

Ardhi Suryadhi - detikNews
Sambil Nunggu ke Madinah, Jemaah Bisa Perbanyak Amalan Ini Foto: Tawaf (Ardhi Suryadhi/detikcom)
Madinah - Ribuan jemaah haji Indonesia masih menunggu giliran untuk bertolak ke Madinah dari Mekah. Sambil menunggu, jemaah diimbau bisa mengamalkan ibadah ini di Baitullah.

Menurut ustaz Teuku Othman, pembimbing jemaah haji khusus Maktour, ibadah yang paling afdol di Masjidil Haram adalah tawaf sunah.


"Karena Allah menurunkan rahmat setiap harinya sebanyak 120 rahmat, dimana 60 rahmat untuk orang-orang yang tawaf, 40 untuk orang yang salat di Masjidil Haram dan 20 sisanya untuk mereka yang hanya melihat Kakbah doang," paparnya saat berbincang dengan media.

Sambil Nunggu ke Madinah, Jemaah Bisa Perbanyak Amalan IniFoto: Ustaz Teuku Othman (Ardhi Suryadhi/detikcom)

Untuk itu, para jemaah diimbau untuk mengejar amalan-amalan yang hanya bisa dilakukan di Masjidil Haram tersebut sembari menunggu arahan untuk bergerak ke Madinah.

"Makanya kita harus mengejar keseluruhan rahmat tadi. Ya kalau bisa dapat semuanya, kita sudah tawaf dapat 60 rahmat, kemudian sesudah tawaf kita salat sunah tawaf dua rakaat habis itu kita memandangi Kakbah, otomatis kita mendapatkan 120 rahmat," lanjutnya.


Adapun mereka yang tinggal di kota Mekah namun tidak dihabiskan dengan aktivitas ibadah dinilai sebagai manusia rugi. Terlebih pahala untuk beribadah di Masjidil Haram 100 ribu kali lipat dibandingkan dengan masjid yang lain. Jadi harus benar-benar dimanfaatkan sisa waktu jemaah haji selama di kota suci ini.

Jemaah haji reguler sendiri saat ini sudah berangsur-angsur bergerak ke kota Madinah yang diawali dengan kedatangan 18 kloter. Total ada 300 kloter yang berjumlah hampir 120 ribu jemaah haji gelombang II yang akan menuju kota tempat makam Nabi Muhammad SAW tersebut.

Sementara akhir pemberangkatan jemaah haji dari Mekah ke Madinah dijadwalkan pada 6 September 2019.



Serba-serbi Wakaf Alquran di Masjidil Haram:

[Gambas:Video 20detik]


(ash/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com