detikNews
2019/08/23 08:11:56 WIB

Round-Up

Tentang Hiu yang Merapat ke Pantai Nusa Dua

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tentang Hiu yang Merapat ke Pantai Nusa Dua Foto: Hiu muncul di Pantai Nusa Dua, Bali. (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Gerombolan ikan hiu berenang mendekat ke Pantai Nusa Dua, Bali. Gerombolan Hiu itu diduga mendekat ke pantai karena ingin mencari mangsa, yakni ikan pelagis.

Rekaman video hiu yang bergerombol dan berenang mendekat ke bibir pantai itu viral di media sosial. Kerumunan hiu itu menjadi perhatian turis-turis yang berada di lokasi tersebut.

Saat didatangi ke lokasi, Rabu (21/8) kemarin, tak tampak gerombolan hiu tersebut. Hanya ada satu hiu yang masih terlihat di area pantai dan jadi tontonan turis.


Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Suko Wardono menduga kemunculan gerombolan hiu itu karena mencari mangsa. Bulan Agustus ini memang diketahui sebagai musim ikan pelagis atau ikan yang hidup di lapisan permukaan perairan pantai.

"Saat musim ikan pelagis, hiu sering datang. Ikan-ikan pelagis merupakan makanan ikan hiu," kata Suko ketika dimintai konfirmasi, Kamis (22/8/2019).

Suko mengatakan ada aneka jenis ikan yang hidup di permukaan lapisan pantai di Pulau Dewata. Ikan-ikan ini memang menjadi sumber daya hayati perairan di Nusa Dua maupun Pulau Bali.

"Ikan pelagis itu ikan yang ada di permukaan perairan seperti kembung, layang, lemuru, dan lain-lain. Banyak ditemukan di semua perairan termasuk Nusa Dua," jelasnya.

Meski begitu, Suko belum bisa menentukan jenis hiu yang muncul di perairan Pantai Peninsula, Nusa Dua, Selasa (20/8) itu. "Untuk mengetahui jenisnya harus diidentifikasi dengan cermat, di gambar agak samar-samar," jelasnya.

Sementara, Direktur Nusa Dua Reef Foundation (NDRF) Pariama Hutasoit mengatakan gerombolan hiu yang berenang mendekati bibir pantai di Nusa Dua, Bali, bukan kali ini terjadi. Fenomena kemunculan hiu ini biasa ditemukan pada Juli-Agustus.

"Kemunculan hiu di the bay memang ini sepertinya fenomena tahunan setiap musim pergantian bulan-bulan Juli-Agustus, tidak bisa dipastikan banget tanggal kemunculannya," kata Pariama via telepon, Kamis (22/8).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com