detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 08:00 WIB

Dear Detikers, Jokowi Apresiasi 'Bantu Jokowi Cari Menteri'

Tim detikcom - detikNews
Dear Detikers, Jokowi Apresiasi Bantu Jokowi Cari Menteri Foto: Ilustrasi: Zaki Alfarabi
Jakarta - Sejak tanggal 12 Agustus 2019 detikcom menggulirkan program 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Program penyalur aspirasi rakyat soal sosok menteri yang kredibel dan berkualitas ini menuai apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya ini baik ada aspirasi dari masyarakat ada aspirasi rakyat saya bisa tahu ada kanalnya untuk menyampaikan aspirasi mengenai apa menteri-menteri yang nantinya masuk ke kabinet. Silakan diteruskan," kata Jokowi saat menerima detikcom di Istana Bogor, Kamis (22/8/2019).

Dalam perbincangan dengan detikcom, Jokowi juga buka-bukaan tentang kriteria menteri yang akan mendampinginya di periode kedua nanti. Dia pun melempar 'kode' tentang pengumuman nama-nama menteri.
Dear Detikers, Jokowi Apresiasi 'Bantu Jokowi Cari Menteri'Foto: Biro Pers Setpres

Jokowi secara tersirat mengatakan nama-nama menterinya akan diumumkan pada kisaran September. "Ancer-ancernya itu kalau sebelum pasti awal September, tapi kalau nggak ya.... Nggak mungkinlah kalau misalnya pertengahan September, ngapain," kata dia.

"Karena nanti kan dua kali kan, kalau saya sebelum, artinya ini reshuffle," imbuh Jokowi.

Program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' saat ini sudah melewati tahap pertama yankni survei menteri usulan detikers. Survei telah ditutup pada hari Senin 19 Agustus 2019.

Puluhan ribu Detikers yang berpartisipasi dalam survei ini. Detikers yang turut mengusulkan nama calon menteri lewat survei 'Bantu Jokowi Cari Menteri' berkesempatan mendapatkan hadiah Rp 500 ribu rupiah. Hadiah diberikan kepada Detikers yang mengisi lengkap usulan nama calon menteri beserta posisinya saat ini.

Selanjutnya nama calon menteri usulan Detikers akan diverifikasi oleh tim pakar dan menjadi bahan Focus Group Discussion. Tim pakar akan mengerucutkan nama-nama yang masuk menjadi 6 calon menteri per kementerian.

Detikers pun bakal kembali dilibatkan lewat survei untuk mengerucutkan dari 6 menjadi 3 besar calon menteri. Nah tiga nama calon menteri plus nama menteri incumbent akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai masukan masyarakat untuk kabinet lima tahun ke depan.

Jadi, terus ikuti proses 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Jangan ketinggalan!



Apresiasi Jokowi soal Program Detikcom 'Bantu Jokowi Cari Menteri':

[Gambas:Video 20detik]


(van/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com