detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 05:53 WIB

Jokowi Minta Tindak Tegas Pelaku Diskriminasi Ras, Polri: Kami Akan Profesional

Faiq Hidayat - detikNews
Jokowi Minta Tindak Tegas Pelaku Diskriminasi Ras, Polri: Kami Akan Profesional Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian menindak tegas oknum pelaku terkait adanya diskriminasi ras atas peristiwa di Surabaya dan Manokwari. Atas hal itu, Polri akan menyelidiki secara profesional.

"Polri akan profesional dalam menyelidiki permasalahan ini," Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Kamis (22/8/2019).



Menurut Dedi, jika warga sipil yang melakukan diskrminasi ras tersebut akan dilakukan tindakan tegas sesuai undang-undang.

"Jika yang melakukan itu adalah warga sipil, maka kami dari kepolisian akan menerapkan penegakan hukum sesuai dengan undang-udang yang mengatur soal penghapusan diskriminasi ras dan etnis." jelas dia.



Sebelumnya, Jokowi telah memberikan perintah pada Kapolri Jenderal Tito Karnavian berkaitan dengan peristiwa di Surabaya, Jawa Timur yang berkelindan dengan kerusuhan di Manokwari dan Sorong di Papua Barat. Akar permasalahan kerusuhan tersebut diduga terkait adanya diskriminasi ras.

"Saya juga telah memerintahkan Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis secara tegas," kata Jokowi saat konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8).


Simak Video "Jokowi Berikan Pernyataan Terkait Situasi Terkini di Papua"

[Gambas:Video 20detik]

Jokowi Minta Tindak Tegas Pelaku Diskriminasi Ras, Polri: Kami Akan Profesional

(fai/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com