detikNews
2019/08/22 20:02:27 WIB

Round-Up

Beri Vitamin Lawas, Apoteker Bebas Tugas

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Beri Vitamin Lawas, Apoteker Bebas Tugas Ilustrasi Obat atau Vitamin (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang ibu hamil berinisial N (24) muntah-muntah hingga perutnya kesakitan setelah mengkonsumsi vitamin kedaluwarsa yang diberikan puskesmas di Jakarta Utara. N lalu menempuh langkah hukum.

Pengacara N, Pius Situmorang, mengatakan kliennya mengalami sakit sejak pertama kontrol ke puskesmas pada 11 Juli. Usia kehamilan N saat itu masih 15 minggu. N lalu datang kembali ke puskesmas untuk kontrol pada 13 Agustus dan diberi tiga jenis obat yang sama.

Diduga, vitamin B6 yang diberikan kepada N telah kedaluwarsa. Selama hamil, N tidak pernah kontrol ke tempat lain. N juga belum pernah mengecek kandungan dengan USG.


Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyelidiki kasus duaan malpraktik ini. Apoteker yang bertugas di puskesmas tersebut lalu dibebastugaskan.

"Saat ini Dinas Kesehatan sedang mendalami kasus ini dan melaksanakan klarifikasi terhadap puskesmas dan jajarannya. Selama periode ini, apoteker yang bersangkutan dibebastugaskan sementara dari tugasnya sebagai apoteker," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Ani Ruspitawati dalam keterangannya, Rabu (21/8/2019).

Atas kasus yang terjadi, Dinkes melakukan evaluasi dengan meningkatkan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi terhadap pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan kefarmasian di puskesmas. Selain itu, Dinkes akan meningkatkan pembinaan terhadap penerapan manajemen mutu dan mengevaluasi pelaksanaan prosedur operasi standar (SOP) pelayanan dan program kesehatan di puskesmas.


Dinkes juga telah melakukan mediasi dengan korban pada 17 dan 19 Agustus 2019. Hasilnya, Dinkes akan memfasilitasi dan mendampingi korban selama mengecek kehamilan ke dokter spesialis di RSUD Cengkareng setiap bulan sampai proses persalinan tanpa biaya. N juga difasilitasi pembuatan kartu BPJS Kesehatan.

Polisi juga bertindak dengan memeriksa kepala puskesmas hingga apoteker. Polisi juga telah memeriksa N dan suaminya. Polisi akan melanjutkan pemeriksaan terhadap bidan dan pihak rumah sakit.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com