detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 19:48 WIB

NasDem Anggap Kaltim Lokasi Tepat Ibu Kota Baru

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
NasDem Anggap Kaltim Lokasi Tepat Ibu Kota Baru Desain Ibu Kota Baru RI di Kalimantan (Foto: Kementerian PUPR)
Jakarta - NasDem menilai Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan tempat yang tepat untuk menjadi ibu kota baru. Infrastruktur di Kaltim disebut cukup memadai.

"Saya kira Kaltim tempat yang tepat, jika dilihat dari ketersediaan infrastruktur memang Kaltim yang paling cukup memadai," kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Menurut Irma, rencana pemindahan ibu kota perlu didukung. Namun, Irma mengatakan rencana itu memerlukan persiapan.

"Jika itu sudah merupakan keputusan pemerintah, tentu kami dukung. Tetapi tentu segala sesuatunya harus segera dipersiapkan," ujar Irma.



Sebelumnya, Menteri ATR Sofyan Djalil menyebut lokasi ibu kota baru Indonesia berada di Kaltim. Namun, Sofyan masih enggan menyebut secara spesifik kota mana yang menjadi ibu kota baru.

"Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," kata Sofyan di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8)..

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penentuan wilayah di Kaltim sebagai calon ibu kota negara masih menunggu beberapa kajian lagi.



"Masih tunggu satu, dua kajian," kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis (22/8).

Jokowi mengatakan pemerintah akan mengumumkan segera setelah hasil beberapa kajian yang dimaksud telah selesai. Dia mengaku ada hasil kajian yang belum disampaika kepadanya.

"Akan kita umumkan pada waktunya, masih nunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya," jelasnya.




Tonton Video Bappenas Pastikan Lahan Ibu Kota Baru Telah Siap:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com