detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 16:53 WIB

Anies Siapkan Ingub Atasi Kekeringan di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Siapkan Ingub Atasi Kekeringan di Jakarta Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang merumuskan instruksi gubernur (ingub) soal kekeringan. Untuk saat ini, dia meminta masyarakat menghemat air.

"Dan ada langkah-langkah kita, tanggal 6 (Agustus) kemarin sudah ada rancangannya, nanti akan muncul dalam bentuk ingub. Nanti kalau sudah ingub-nya selesai, kita akan umumkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dilakukan Pemprov untuk mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta," ucap Anies kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).



Menurut Anies, saat ini kemarau tidak hanya melanda Jakarta, tapi juga daerah lain. Maka, sudah selayaknya semua orang menghemat air.

"Karena itu di seluruh, tidak hanya Jakarta, saya rasa siapa pun sudah harus lebih hemat dalam penggunaan air. Apa pun kegiatan kita, sebisa mungkin lebih hemat dalam penggunaan air," ucap Anies.

Anies pun meminta masyarakat bisa mengelola air, sehingga air bisa digunakan berulang kali.

"Kedua adalah gunakan saluran-saluran untuk mengolah air dengan baik sehingga air itu bisa dipakai kembali," ucap Anies.



Sebelumnya, BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis di wilayah Banten dan DKI Jakarta. Diperlukan kewaspadaan terkait adanya ancaman kekeringan.

BMKG menganalisis bahwa data hari tanpa hujan (HTH) hingga 20 Agustus 2019 menunjukkan sebagian besar wilayah Banten dan Jakarta mengalami kekeringan dalam rentang dari 20 hari hingga lebih dari 60 hari.




Tonton Video Kemarau Tiba, Jokowi Minta Jajarannya Antisipasi Dampak Kekeringan:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com