detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 14:19 WIB

Waketum Gerindra Bertemu Pemuda Papua, Cari Solusi Permasalahan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Waketum Gerindra Bertemu Pemuda Papua, Cari Solusi Permasalahan Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bertemu dengan sejumlah pemuda Papua (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bertemu dengan sejumlah tokoh pemuda Papua. Dia menerima aspirasi terkait kondisi Papua setelah kerusuhan di sejumlah wilayah.

Pertemuan tersebut digelar pada Rabu (21/8) kemarin. Dasco bertemu dengan pemuda Papua dalam kapasitasnya sebagai anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum dan HAM.

"Urun rembuk dengan tokoh-tokoh pemuda Papua dalam mencari jalan keluar jangka pendek dan jangka panjang persoalan Papua," kata Dasco kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).
Dasco menyebut dari hasil pertemuan itu, ada berapa masukan penting yang dititipkan kepadanya. Salah satu poin yang dibahas yakni tentang kesejahteraan masyarakat Papua.

Dia berjanji akan menyampaikan beberapa masukan dari pemuda Papua kepada pemerintah.

"Selain membicarakan solusi jangka pendek mereka juga menitipkan solusi untuk pemerintah solusi jangka panjang bagi kedamaian kesejahteraan rakyat Papua dalam bingkai NKRI setelah nanti karena 2021 ini otsus (otonomi khusus) selesai," sebut Dasco.
Tokoh Papua yang bertemu Dasco antara lain Agustinus Kambuaya (aktivis LSM Komunitas Noken Kota Sorong dan Sanggar Belajar, ruang baca gratis) dari suku Maybrat, Anes Akwan (Koordinator Gerakan Serikat Buruh Indonesia, GSBI Papua Barat) suku biak Wondama, mantan Ketua AMP Arkilaus Baho, Amos Kareth, Iskia Wakerwa, Arie Waropen, dan Kristian Madai.

Untuk diketahui, sejumlah daerah seperti Jayapura, Papua, Manokwari, Papua Barat hingga Sorong, Papua Barat sempat mengalami kerusuhan setelah demo. Mereka menyuarakan aspirasi menolak aksi pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya.
Diketahui, hari ini Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian bertolak ke Papua. Kedatangan mereka untuk memastikan situasi sudah kondusif pasca-kerusuhan yang terjadi.


Wiranto, Kapolri, dan Panglima TNI Terbang ke Papua Hari Ini:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com