detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 13:36 WIB

Wiranto ke Warga Sorong: Kami Datang Bukan Mengawasi Tapi Menyalami Saudara

Audrey Santoso - detikNews
Wiranto ke Warga Sorong: Kami Datang Bukan Mengawasi Tapi Menyalami Saudara Foto: Wiranto bersama Kapolri dan Panglima TNI di Sorong (Audrey-detik)
Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berkunjung ke Sorong, Papua Barat usai aksi unjuk rasa yang berujung tindakan anarkis warga lokal. Wiranto mengatakan kedatangannya untuk menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo kepada warga Sorong.

"Kami bertemu Presiden di bandara. Beliau menyampaikan salam hormat, salam persaudaraan dan salam perdamaian kepada siapapun yang kita temui di Papua maupun Papua Barat," kata Wiranto di meeting room Swiss-Belhotel, Sorong, Papua Barat, Kamis (22/8/2019).

Wiranto menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi yang mendoakan agar permasalahan di Papua dan Papua Barat segera berakhir. Wiranto lalu menegaskan tujuannya bertolak ke Sorong bukan untuk mengawasi atau menerima laporan terkait proses pengamanan yang telah dilakukan TNI-Polri dalam menjaga kondusivitas Sorong pascarusuh.



"Beliau juga menyampaikan mudah-mudahan apa yang kita hadapi, insiden-insiden, demo, perusakan, segera berakhir. Kami datang kemari bukan untuk mengawasi, bukan hanya sekadar mendapat laporan apa yang terjadi. Kami datang tentunya bukan mengawasi, tapi menyalami saudara-saudara kami di Papua Barat," ujar Wiranto.

Wiranto mengaku maklum dengan amarah warga Sorong setelah viralnya video mahasiswa Papua disamakan dengan binatang saat peristiwa keributan di Asrama Mahasiswa Papua (AMP) di Surabaya. Namun Wiranto menegaskan tak semua informasi yang beredar di media sosial benar.

"Kita tidak bisa meramalkan yang terjadi, hal-hal yang tidak kita inginkan. Adanya satu luapan emosi yang tak terkendali karena adanya informasi-informasi yang sebagian besar tidak benar. Apakah itu hoax, berita bohong yang semuanya diarahkan untuk memicu emosi, kemarahan kita. Sehingga yang kemarin terjadi adalah kemarahan akibat salah paham, ketersinggungan," ucap Wiranto.



Dalam kunjungannya hari ini, Wiranto didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta masing-masing jajaran. Usai mengunjungi Sorong, rombongan Wiranto rencananya akan terbang ke Manokwari, Papua Barat.



Wiranto, Kapolri, dan Panglima TNI Terbang ke Papua Hari Ini:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com