detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 13:17 WIB

Gerombolan Hiu di Pantai Nusa Dua Tak Berbahaya Cenderung Pemalu

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gerombolan Hiu di Pantai Nusa Dua Tak Berbahaya Cenderung Pemalu Gerombolan hiu di Nusa Dua (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Kemunculan gerombolan hiu bikin heboh para turis di pantai Nusa Dua, Bali. Penyelam mengatakan hiu berjenis blacktip itu disebut tak berbahaya dan cenderung pemalu.

"Informasi yang saya dapat waktu menyelam dan snorkeling di area Nusa Dua memang sering dijumpai hiu (blacktip), ada juga jenis hiu yang lain. Karena perairannya itu ada terumbu karang, kalau para penyelam yang sudah biasa di Nusa Dua, mereka sudah biasa melihat hiu dan tidak berbahaya sama sekali, bahkan kecenderungan malah kabur kalau melihat manusia," kata Direktur Nusa Dua Reef Foundation (NDRF) Pariama Hutasoit via telepon, Kamis (22/8/2019).

Pariama mengatakan hiu jenis blacktip ini merupakan salah satu hiu yang hidup di karang. Keberadaan hiu itu malah jadi penanda membaiknya indikator ekosistem laut.



"Nggak (berbahaya) sama sekali, justru hiu itu harus kita lindungi kenyataannya di dunia hiu itu diburu untuk konsumsi. Di Indonesia di beberapa daerah dagingnya dijual padahal hiu memiliki peran penting di ekosistem bagian penting sebagai predator makanan di laut, dia juga sebagai indikator terumbu karang," jelas Pariama.

Senada dengan Pariama, Koordinator Marine Mammal Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Amang Raga mengatakan hiu blacktip biasa hidup di perairan dangkal sampai kedalaman 40 meter. Jenisnya juga tidak berbahaya.

"Masih tergolong jenis yang biasa dekat karang atau biota lain yang subur, ekosistem bagus. Ya, memang sedikit pemalu dibanding jenis hiu karang yang lain," jelas Amang.

Amang menduga kemunculan hiu mendekati perairan pantai karena keberadaan mangsa. Namun bisa juga karena membaiknya ekosistem di lokasi tersebut.



"Kemunculan kemarin itu semacam upwelling zone aja, jadi memang lagi berlimpah pakan di sana. Bisa jadi karena semakin membaiknya ekosistem di lokasi itu," terangnya.

Hingga saat ini Aman mengaku belum mendengar laporan terkait korban dari hiu tersebut. "Saya sih belum dengar," jawabnya.

Sebelumnya diberitakan, video sejumlah ikan hiu berenang mendekat ke bibir pantai kawasan Nusa Dua, Bali, itu beredar viral di media sosial. Kerumunan hiu itu menjadi perhatian para turis yang berada di lokasi tersebut.



Video Kawanan Hiu Muncul di Pantai Nusa Dua:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com