detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 12:59 WIB

16 Kecamatan di Lebak Kekeringan, Warga Gelar Salat Minta Hujan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
16 Kecamatan di Lebak Kekeringan, Warga Gelar Salat Minta Hujan Warga menggelar salat istisqa di Alun-alun Lebak. (Bahtiar/detikcom)
Lebak - Ribuan warga Lebak melakukan salat istisqa atau salat minta diturunkan hujan. Salat dilaksanakan di Alun-alun Lebak dan dihadiri Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi.

Seusai salat, Ade Sumardi mengatakan ada 16 kecamatan di Lebak yang mengalami kekeringan. Salat minta hujan ini diusulkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan diikuti warga dari berbagai kecamatan di Lebak.

"Menurut laporan ada 16 kecamatan (dari 28 kecamatan) yang kering. Makanya mengadakan salat istisqa meminta hujan dan beristigfar bersama," kata Ade saat ditemui wartawan di Lebak, Banten, Kamis (22/8/2019).


Pemda Lebak melalui PDAM saat ini mengirim air bersih untuk warga yang kekurangan air minum. Pemda mengimbau warga yang memiliki sumur air membantu warga lain.

Laporan bahwa ada pertanian yang puso akibat musim kemarau tahun ini juga sudah sampai ke pihak pemda. Ade mengatakan kemarau tahun ini merata dirasakan warga Lebak.

"Hampir merata, tapi untuk jumlah petani yang puso masih belum ada detail datanya," ujarnya.

Namun ada sebagian wilayah di Lebak di dekat sungai yang tertolong. Suplai air dari sungai disebut cukup membantu mengairi wilayah pertanian warga.


Sebelumnya, BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Tangerang Selatan mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis di wilayah Banten dan DKI Jakarta. Diperlukan kewaspadaan terkait adanya ancaman kekeringan.

Untuk status waspada di Lebak ada di Kecamatan Cileles, Panggarangan, dan Rangkasbitung. Sedangkan untuk status siaga dikeluarkan untuk Kecamatan Banjarsari, Cibeber, Cihara, Cikulur, Gunung Kencana, Cijaku, Rangkasbitung, Maja, Malingping, dan Warung Gunung.

Terakhir, untuk status awas di kabupaten ini meliputi daerah Kecamatan Bayah, Cilograng, Cimarga, dan Malingping.



Kekeringan, Ratusan Petani di Pasuruan Cari Air hingga 10 Km:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com