detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 12:58 WIB

NDRF: Gerombolan Hiu di Nusa Dua Jenis Blacktip, Tak Berbahaya

Aditya Mardiastuti - detikNews
NDRF: Gerombolan Hiu di Nusa Dua Jenis Blacktip, Tak Berbahaya Foto: Direktur NDRF Pariama Hutasoit
Badung - Gerombolan hiu yang berenang mendekati bibir pantai di Nusa Dua, Bali, rupanya bukan kali ini terjadi. Fenomena kemunculan hiu ini biasa ditemukan pada Juli-Agustus.

"Kemunculan hiu di the bay memang ini sepertinya fenomena tahunan setiap musim pergantian bulan-bulan Juli-Agustus, tidak bisa dipastikan banget tanggal kemunculannya," kata Direktur Nusa Dua Reef Foundation (NDRF) Pariama Hutasoit via telepon, Kamis (22/8/2019).

Pariama dan organisasinya aktif melestarikan terumbu karang di Nusa Dua ini. Selama melestarikan terumbu karang, dia memang kerap menemui hiu yang menghebohkan ini.

"Saya sendiri beberapa waktu lalu pernah di pantai dan melihat secara langsung ada cukup banyak hiu jenis blacktip yang siripnya ada hitamnya. Mereka ini reef sharks, hiu yang ada di karang dan terumbu," jelasnya.

Pariama mengatakan jenis hiu ini tidak berbahaya. Soal dugaan kemunculan hiu yang mendekati bibir pantai, dia mengaku tidak tahu.

"Sebenarnya tidak berbahaya, belum tahu pasti apakah kemunculannya berkaitan dengan masalah dia mengejar makanan atau faktor yang lain perlu dilakukan penelitian terkait itu," tuturnya.



Dia menyebut hiu ini merupakan hiu yang perlu dilindungi. Dia menyebut kehadiran hiu ini justru menunjukkan indikator yang baik.

"Nggak (berbahaya) sama sekali, justru hiu itu harus kita lindungi, kenyataannya di dunia hiu itu diburu untuk konsumsi. Di Indonesia, di beberapa daerah, dagingnya dijual, padahal hiu memiliki peran penting di ekosistem bagian penting sebagai predator makanan di laut. Dia juga sebagai indikator terumbu karang," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, video sejumlah ikan hiu berenang mendekat ke bibir pantai kawasan Nusa Dua, Bali, itu beredar viral di media sosial. Kerumunan hiu itu menjadi perhatian para turis yang berada di lokasi tersebut.



Video Kawanan Hiu Muncul di Pantai Nusa Dua:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com