detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 12:13 WIB

Warga soal Instalasi Batu Gabion Pengganti Getah Getih: Bagus tapi Kurang Rapi

Matius Alfons - detikNews
Warga soal Instalasi Batu Gabion Pengganti Getah Getih: Bagus tapi Kurang Rapi Instalasi batu gabion di Bundaran HI Jakarta Pusat. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta membuat instalasi batu gabion pengganti anyaman bambu Getah Getih di depan Bundaran HI. Instalasi batu gabion itu mendapat tanggapan dari warga.

Seorang warga pejalan kaki, Hendra, mengaku tidak mempermasalahkan adanya ornamen batu tersebut. Namun, menurutnya, ornamen itu bisa lebih bagus jika disusun lebih rapi.

"Iya bagus sih, kurang rapi sih, lebih bagus lagi kalau rapi," ucap Hendra di bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).


Pejalan kaki lainnya, Agung, mengaku baru tahu ada ornamen itu. Dia juga menilai instalasi batu gabion itu bagus-bagus saja.

"Saya baru tahu itu, ya nggak apa-apa sih dipasang di situ, (dibanding Getah Getih) bagus juga sih," kata Agung

Pantauan detikcom di lokasi, terlihat ada 3 bronjong besi berisi batu batuan gabion berwarna putih. Di atas batu-batu itu, ada tanaman-tanaman berbunga warna pink dan putih.

Di sekitar keranjang besi ornamen batu tersebut juga terdapat pot-pot plastik berisi tanaman berbunga membentuk taman. Selain itu, terlihat 8 petugas Dinas Kehutanan sedang merapikan tanah yang ada di sekeliling ornamen.

Salah satu petugas Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Daryana, mengungkapkan saat ini sedang melakukan proses penanaman pot. Dia mengatakan pembuatan instalasi batu gabion itu membutuhkan waktu satu bulan.

"Ini sedang kita bongkar dulu (pot tanaman), mau kita kasih tanah kita tanam, tadinya ditaruh aja (pot tanaman) ternyata cepet mati. Ini dari 16 Agustus malam, prosesnya buat sampai sebulanlah," kata Daryana.


Instalasi batu gabion ditempatkan di lokasi pemasangan Getah Getih. Bebatuan ini ditempatkan bertumpuk dalam tiga bronjong yang berdiri kokoh. Instalasi ini juga dipercantik tanaman bunga di bagian atasnya.

"Pemasangan (instalasi batu gabion) 16 Agustus," ujar Kadis Kehutanan DKI, Suzy Marsita, Kamis (22/8).
(maa/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com