detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 12:03 WIB

Kritik Anggaran Mobil Menteri Rp 147 M, Roy Suryo Sarankan Sewa

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kritik Anggaran Mobil Menteri Rp 147 M, Roy Suryo Sarankan Sewa Roy Suryo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Politikus Partai Demokrat Roy Suryo mengkritik pengadaan mobil dinas baru untuk menteri senilai Rp 147 miliar. Menurutnya, masa jabatan menteri akan berakhir pada periode tertentu, sehingga tidak memerlukan mobil baru.

"Kalau menurut saya, wacana pembelian mobil menteri atau bahkan saya dengar sudah lelang sejumlah ratusan miliar ini kurang tepat. Kurang tepat karena apa? Menteri itu adalah jabatan publik yang tidak lama sebenarnya masa jabatannya," kata Roy di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).


Roy, yang mengaku sebagai penggemar otomotif, menceritakan dirinya mendapatkan mobil bekas pendahulunya saat menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di masa kepemimpinan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia pun menyarankan pemerintah menggunakan jasa rental untuk mobil dinas menteri.

"Bagi saya, sangat tidak worth it untuk membeli mobil baru, lebih baik adalah menggunakan jasa rental. Rental atau misalnya pemerintah menyewa saja. Toh, menteri itu kadang-kadang juga tidak full masa jabatannya. Apalagi Pak Jokowi kan terkenal orang yang efisien, praktis gitu ya. Kadang-kadang kalau tidak cocok dengan orang, bisa saja mungkin kinerjanya kurang bagus, diganti," ucap anggota DPR yang duduk di Komisi I itu.


Dia mengatakan, dengan menggunakan jasa rental, keuangan negara menjadi lebih efisien. Salah satunya, kata Roy, pemerintah tidak perlu menganggarkan biaya perawatan.

"Mobil rental itu efisien, pemerintah tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk perawatan, perawatannya ditangani oleh rentalnya, dan masa pakainya juga terus bisa dimodifikasi atau bisa diperbarui," jelasnya.

"Jadi saran saya, apalagi di tengah kondisi resesi ekonomi sekarang ini, lebih baik gunakanlah rental dan rental itu tidak ada biaya perawatan, tidak ada nanti harus dilelang untuk dijual kembali, lebih efisien dan lebih menghemat biaya negara," imbuh Roy.


Diberitakan, para menteri Presiden Jokowi akan mendapatkan mobil dinas baru. Anggaran untuk pengadaan mobil ini lebih dari Rp 147 miliar.

Dikutip dari laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Rabu (21/8), pemerintah telah melakukan Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri. Pengadaan ini dimulai pada 19 Maret 2019 dan kini lelang tender tersebut sudah selesai.

Lelang tender ini dimenangi PT Astra International Tbk-Tso dengan harga Rp 147.229.317.000. Masih merujuk laman LPSE, saat ini semua tahapan lelang tender sudah terlewati oleh PT Astra, dari Pembuktian Kualifikasi hingga Penandatanganan Kontrak.



Selain Jokowi, Para Menteri Jokowi Bakal Dapat Mobil Baru:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com