detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 11:46 WIB

Pasca-rusuh di Papua, Mendagri Terbitkan Radiogram ke Kepala Daerah

Herdi Alif Al Hikam - detikNews
Pasca-rusuh di Papua, Mendagri Terbitkan Radiogram ke Kepala Daerah Mendagri Tjahjo Kumolo (Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta para kepala daerah dari tingkat gubernur hingga bupati/wali kota tidak ke luar daerahnya. Tjahjo meminta para kepala daerah memastikan situasi tetap kondusif.

"Langkah yang kami lakukan pertama membuat radiogram ke seluruh gubernur, wagub, bupati, wali kota untuk sementara ini tidak ke luar kota dan lakukan koordinasi di regu pemda serta tokoh adat masyarakat. Lalu kalau ada demo untuk diterima dan diajak dialog agar redam situasi jadi lebih kondusif," kata Tjahjo saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).


Selain itu, Tjahjo mendorong ada pertemuan antara Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya. Dalam pertemuan tersebut juga akan diundang Menko Polhukam Wiranto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Setidaknya dengan kehadiran Gubernur Papua bisa ketemu sama mahasiswa di Malang dan Surabaya," imbuh Tjahjo.

Kemendagri juga melakukan dialog dengan mahasiswa Papua yang ada di daerah lain. Tjahjo yakin situasi panas di Papua cepat selesai, terlebih Menko Polhukam tengah melakukan kunjungan ke Bumi Cenderawasih.


"Kami juga memonitor sejumlah daerah yang ada mahasiswa Papuanya, tujuannya untuk lakukan pendekatan dialog dan berikan penjelasan yang benar. Saya yakin Pak Menko Polhukam yang akan jalan ke Papua dan koordinasi ke gubernur di sana. Saya optimis semua akan cepat selesai," ujar dia.

Diketahui, hari ini selain Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian ikut bertolak ke Papua. Kedatangan mereka untuk memastikan situasi sudah kondusif pasca-kerusuhan yang terjadi di beberapa lokasi.



Wiranto, Kapolri, dan Panglima TNI Terbang ke Papua Hari Ini:

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com