detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 08:31 WIB

Polisi Tangkap Residivis Pembobol 21 Vila di Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Polisi Tangkap Residivis Pembobol 21 Vila di Bali Agus Gede Swastika (perban di kaki), pelaku residivis pembobol vila di Bali ditangkap. (Foto: dok. ist)
Denpasar - Polisi menangkap Agus Gede Swastika (26), tersangka perampok vila di kawasan Kuta hingga Sanur, Bali. Agus diketahui merupakan residivis kasus pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 21 kali.

Penangkapan Agus bermula dari laporan Vilsbiburg Matred Gerhard Botschek. Pria asal Jerman ini mengaku telah dirampok di sekitar Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Badung, Kamis (15/8) lalu.


"Korban keluar dari villa sekitar pukul 14.00 Wita dan sekitar pukul 20.35 menerima telepon dari anaknya jika telah mengalami perampokan. Barang-barang seperti laptop, kamera 2 GO PRO, uang 230 Euro, dan sound box JBL hilang," kata Dirkrimum Polda Bali Kombes Andi Fairan kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Korban lalu melaporkan peristiwa itu ke Polsek Kuta Utara setelah dilakukan penyelidikan didapatkan ciri-ciri pelaku. Terlihat dia berboncengan dan mengendarai sepeda motor NMax warna hitam.

"Dari informasi tersebut dapatlah ciri-ciri pelaku salah satunya adalah seorang residivis pelaku curat berinisial Agus Bali dan Yande," terang Andi.


Tim lalu bergerak menangkap Yande dan menggali keterangan. Dari pengakuannya diketahui kakaknya, Agus, berada di Jember, Jawa Timur.

"Agus ditangkap Rabu (21/8) di Alun-alun Ambulu Jember. Dari hasil interogasi Agus mengakui telah melakukan pencurian sebanyak 21 TKP bersama-sama pelaku lain yaitu Yande, Aditya Ramadan, dan Danu Saputra yang ketiganya sudah ditangkap tim resmob," ujarnya.

Komplotan itu mengakui telah beraksi 17 Vila di Sanur dari Juni-Agustus 2019. Sementara itu di wilayah Kuta Utara, ada 4 vila yang mereka satroni selama Juni-Agustus 2019 ini.

"Modusnya memasuki vila dengan memanjat tembok dan merusak pintu kamar," ujar Andi.

Barang-barang yang diambil berupa ponsel, laptop, proyektor, kamera, hingga sepeda. Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP.



Tonton juga video Perampok yang Tembak Kanitreskrim Dibekuk, Tewas Tercebur Sungai!:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com