detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 07:46 WIB

Bayi Orang Utan Asal Aceh Direhabilitasi di Sumut

Khairul Ikhwan - detikNews
Bayi Orang Utan Asal Aceh Direhabilitasi di Sumut Foto: Dok: YEL-SOCP
Medan - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) mengamankan satu bayi orang utan (Pongo abelii) dari Kabupaten Aceh Barat Daya. Kini, orang utan tersebut direhabilitasi di Sumatera Utara (Sumut).

Bayi orang utan betina itu diberi nama Indie. Usianya diperkirakan kurang dari satu tahun. Hingga Kamis (22/8/2019), tim dokter terus memberikan atensi terhadap kondisi kesehatannya di Pusat Rehabilitasi dan Karantina Program Konservasi Orang utan Sumatera (SOCP) di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Dokter Hewan Senior YEL-SOCP, drh Yenny Saraswati, menyatakan saat diterima kondisi kesehatan orang utan tersebut terlihat baik meskipun dengan perut sedikit kembung dan bersin beberapa kali. Pemeriksaan kesehatan lanjutan dan perawatan intensif akan dilakukan mengingat orang utan tersebut masih tergolong bayi.

 Bayi orang utan betina itu diberi nama Indie. Bayi orang utan betina itu diberi nama Indie. Foto: Dok: YEL-SOCP

"Secara kondisi alamiah seharusnya masih sangat bergantung pada induknya, salah satunya adalah susu sebagai asupan gizi," kata Yenny.

Indie diserahkan seorang warga Desa Teladan Jaya, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya kepada tim BKSDA Aceh dan YEL, pada Selasa (20/8). Penyerahan dilakukan menyusul adanya laporan dari warga tentang keberadaan orang utan tersebut.

Orang utan tersebut direhabilitasi di Sumatera Utara (Sumut). Dok: YEL-SOCPOrang utan tersebut direhabilitasi di Sumatera Utara (Sumut). Dok: YEL-SOCP Foto: Dok: YEL-SOCP


Seterusnya, Indie menempuh perjalanan selama dua belas jam menuju Sibolangit untuk mengikuti proses rehabilitasi dan karantina, yaitu pemeriksaan dan beradaptasi terhadap lingkungan baru, termasuk bergabung dengan orang utan lain yang ada di sana. Dalam proses tersebut, orang utan diarahkan dan dilatih untuk kembali kepada keahlian alami mereka sehingga dapat hidup kembali ke alam liar.



Tonton video Penyelundupan Orangutan Digagalkan, 2 Pelaku Diamankan:

[Gambas:Video 20detik]


(rul/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com