detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 22:40 WIB

Ma'ruf Amin Ingin Pesantren Dapat 'APBN'

Aditya Mardiastuti - detikNews
Maruf Amin Ingin Pesantren Dapat APBN Ma'ruf Amin (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Badung - Wapres terpilih Ma'ruf Amin berharap PKB bisa ikut mendorong diloloskannya Undang-Undang Pesantren. Dia berharap, dengan diketuknya UU ini, pesantren bisa mendapatkan dana APBN.

"UU Pesantren nanti, saya harap PKB paling depan untuk meloloskan UU Pesantren sehingga nanti pesantren ada APBN-nya setiap tahun," kata Ma'ruf Amin di Penutupan Muktamar VI PKB di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019).

Ma'ruf berharap UU Pesantren menjadi salah satu perjuangan PKB di DPR. Dia berharap para dengan UU tersebut bisa meningkatkan kualitas para santri tak cuma di bidang agama.


"Ini perjuangan kita ke depan, mudah-mudahan kita bisa membangun manusia yang cerdas dan produktif dan memiliki akhlak yang mulia, di samping itu sumber daya manusia (SDM) kita punya keterampilan dan bertani, berkompetisi, atau punya semangat kompetisi," tuturnya.

Ma'ruf juga menyinggung soal jiwa kompetitif masyarakat Indonesia lewat ajang Asian Games. Dengan dorongan semangat, para atlet berhasil mendapatkan lebih dari 30 medali.

"Ternyata manusia Indonesia ini kalau dipacu fighting spirit-nya luar biasa mengalahkan manusia lain. Saya contohkan waktu Asian Games yang semula ditarget 16-17 medali, ketika dipacu tidak hanya memperolah 16-17 tapi lebih dari 30 medali karena semangat Indonesia bisa mengalahkan bangsa lain, ini semangatnya perlu kita kobarkan NU," jelasnya.


Dia juga kembali mengingatkan agar para kader NU menjaga toleransi antarumat beragama. Dia meminta agar perbedaan tidak dijadikan alat untuk memecah belah.

"Perbedaan kita boleh ditoleransi sepanjang perbedaan itu masih di wilayah kesepakatan, kalau sudah di luar kesepakatan tidak boleh ditoleransi tapi harus diamputasi," tutur Ma'ruf Amin, yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.
(ams/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com