detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 21:23 WIB

Polisi Duga Demo Ricuh di Mimika Disusupi Isu Papua Merdeka

Saiman - detikNews
Polisi Duga Demo Ricuh di Mimika Disusupi Isu Papua Merdeka Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto (Saiman/detikcom)
Mimika - Polisi menduga aksi demo yang berujung ricuh di DPRD Mimika, Rabu (21/8/2019) tadi ditunggangi provokator. Menurutnya, aksi demo itu disusupi isu Papua merdeka dan referendum.

"Memang benar aksi demo awalnya damai, namun saat orasi di DPR Mimika mereka mengalihkan isu dari penolakan Rasis menjadi referendum atau Papua merdeka," kata Kapolres Mimika Agung Marlianto di Mapolres Mimika, Rabu (21/8).

Agung Marlianto mengatakan saat ini polisi juga menerima laporan adanya tembakan misterius dari arah demonstran saat demo siang tadi. Dia menjelaskan, Polres Mimika sedang menyelidiki laporan penemuan bekas tembakan, laporan itu diterima pukul 18.00 WIT.


"Kita mendapat laporan dari salah satu pemilik toko di samping Hotel 66, ditemukan bekas tembakan dan beliau berpikir itu tembakan berasal dari tembakan senjata organik milik TNI/Polri, tapi setelah dilihat kembali bentuk bekasnya, baik di kaca maupun di tembok, dan dilaporkan temuan proyektil," ucapnya.

Yang jelas, kata Agung, peluru itu berasal dari senpi rakitan, bukan senpi organik milik TNI-Polri. Pihaknya juga mengerahkan personel untuk patroli menjaga keamanan.


"Saat ini kasat Reskrim dengan unit identifikasi masih mengecek kebenarannya itu dipastikan oleh pemiliknya itu bukan proyektil senjata api organik, tapi senjata rakitan ini sengaja ditembakkan kepada petugas dan sudah disampaikan kepada petugas untuk meningkatkan kewaspadaan," ungkapnya.
(rvk/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com