detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 19:13 WIB

KPK Ternyata Periksa Saksi Kasus e-KTP Terkait Perusahaan Keluarga Novanto

Zunita Putri - detikNews
KPK Ternyata Periksa Saksi Kasus e-KTP Terkait Perusahaan Keluarga Novanto Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - KPK memanggil beberapa saksi untuk mendalami kasus korupsi proyek e-KTP. KPK menyebut salah satu saksi diperiksa terkait perusahaan-perusahaan milik keluarga Setya Novanto.

Saksi itu adalah Amelia Kasih yang berprofesi sebagai notaris. KPK menyebut penyidik tengah mendalami perusahaan Novanto.

"Dari saksi notaris, penyidik mendalami keterangan saksi terkait perusahaan milik keluarga Setya Novanto," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).



Selain Amelia, Febri menyebut KPK juga memanggil anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Khatibul Umam Wiranu dan anggota DPR RI Wa Ode Nurhayati. Khatibul dan Wa Ode dimintai keterangan terkait proyek e-KTP untuk tersangka Paulus Tannos.

"Dari dua saksi anggota DPR RI, penyidik mendalami keterangan saksi terkait aliran dana yang terkait dengan perkara e-KTP," katanya.

Seperti diketahui, dalam persidangan Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Novanto sempat mengakui memiliki perusahaan yang berkaitan dengan proyek e-KTP. Perusahaan itu adalah PT Mondialindo.



PT Mondalindo merupakan bagian dari PT Murakabi Sejahtera yang dibeli sahamnya oleh istri Novanto, Deisti Tagor; anak Novanto, Rheza Herwindo; dan keponakan, Irvanto Pambudi. PT Murakabi Sejahtera adalah pihak yang ikut dalam konsorsium proyek e-KTP.

Namun, dalam persidangan itu juga Novanto mengaku perusahaan itu telah dijual kepada mantan Direktur PT Murkabi Sejahtera, Deniarto Suhartono. Novanto juga mengatakan soal pembelian kantor itu merupakan urusan Deniarto. Menurut nya, Deniarto-lah yang mengatur perusahaan dan kantor itu.




Tonton Video Cipratan Korupsi Markus Nari Sampai ke Novanto Hingga Korporasi:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com