detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 17:07 WIB

Minta Seluruh Pihak Berdamai, Menko Polhukam Berangkat ke Papua Malam Ini

Matius Alfons - detikNews
Minta Seluruh Pihak Berdamai, Menko Polhukam Berangkat ke Papua Malam Ini Menko Polhukam Wiranto (Rolando/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto akan berangkat malam ini menuju Papua. Ia mengatakan kunjungannya untuk mengobarkan semangat perdamaian di Papua.

"Nanti Papua, malam ini saya akan berangkat ke sana," kata Wiranto saat konferensi pers di ruang Nakula, Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Wiranto menjelaskan maksud kedatangannya untuk mengajak seluruh pihak berdamai. Ia juga akan mengingatkan kembali masyarakat soal persatuan.

"Saya ke Papua mengobarkan rasa empati, rasa kedamaian, ngajak lagi 'ayo bersatu sebagai bangsa', yang rugi siapa sih kalau bertengkar, yang rugi kita kita kok. Persaingan kita bukan antar-kita, antarsuku, kita sudah menyatu sejak 28 Oktober tahun 1928 udah bersatu ikrar bersumpah dan itu sumpah setia, sampai sekarang harus kita rawat," ucap Wiranto.

Wiranto menegaskan situasi di Papua sudah selesai. Ia meminta seluruh pihak saling memaafkan.



"Kita sabar tenang jaga kedamaian, saling maaf-memaafkan, jangan dikomporin lagi. Masalah sudah selesai ada kesalahpahaman sudah ada minta maaf, tinggal diterima maafnya sampaikan ke masyarakat, kita kembali bersatu sebagai bangsa," ungkapnya.

Wiranto juga meminta masyarakat berhenti menebarkan hoax yang justru memanasi situasi di Papua. Ia mengajak semua berhenti dan hidup damai dalam NKRI.

"Saya tidak terlalu senang liat anak anak kita yang justru ngomporin, bikin hoax, bikin viral yang negatif, sudah waktunya lah kita menyatukan potensi bangsa, saya ke sana bukan ngomporin, justru coba merangkul ayo kita rangkul, sama-sama hidup dalam NKRI ini," ujar Wiranto.




Tonton Video Staf Khusus Presiden untuk Papua Bertemu Khofifah dan Risma:

[Gambas:Video 20detik]


(maa/rvk)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com