detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 13:40 WIB

Kisah Miris di Sulbar, Warga Ditandu dengan Kain Sejauh 6 Km demi Berobat

Abdy Febriady - detikNews
Kisah Miris di Sulbar, Warga Ditandu dengan Kain Sejauh 6 Km demi Berobat Warga sakit ditandu sejauh 6 km di Polewali Mandar, Sulbar. (Foto: Dok. Screenshot video Irwan)
Polewali Mandar - Kisah sulitnya menjangkau akses pengobatan terjadi di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar). Ada warga yang harus digotong menggunakan kain sejauh 6 kilometer untuk berobat.

Peristiwa ini terjadi di Dusun Bombang, Desa Patambanua, Polman. Warga berjuang menggotong orang sakit melewati jalan terjal dan anak sungai.

Perjuangan berat demi bisa berobat direkam dan videonya di-posting Irwan Brow. Saat kejadian, Irwan memang berada di Dusun Bombang untuk kegiatan literasi.





Irwan saat dimintai konfirmasi menerangkan warga sakit yang digotong dengan kain sarung dan batang bambu bernama Mudding. Peristiwa ini divideokan pada 17 Agustus.

"Itu warga setempat, dia sudah dua minggu terbaring sakit di rumahnya dan harus segera mendapatkan pengobatan di puskesmas pembantu (pustu) terdekat," ujar Irwan kepada wartawan, Rabu (21/8/2019).

Mudding terpaksa ditandu karena akses jalan menuju puskesmas yang tak bisa dilalui kendaraan.

"Rencananya mau dibonceng pakai motor tapi yang bersangkutan sudah tidak sanggup lagi," kata Irwan.

Warga, menurutnya, membutuhkan waktu 2 jam menandu Mudding ke puskesmas terdekat.
(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com