detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 12:09 WIB

Polda Metro Jaya Luncurkan Mobil SKCK Online Keliling

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polda Metro Jaya Luncurkan Mobil SKCK Online Keliling Foto: Polda metro luncurkan SKCK online (Samsuduha)
Jakarta - Polda Metro Jaya meluncurkan mobil SKCK online keliling. Mobil SKCK keliling merupakan salah satu peningkatan pelayanan kepolisian untuk mempermudah masyarakat yang hendak membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

"Hari ini kita launching mobil SKCK online dan plikasi di internal yang digunankan nantinya. Mudah-mudahan ke depan Polda Metro Jaya bisa memberikan satu pelayanan publik yang lebih baik," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Saat ini, layanan SKCK online ini baru diterapkan di 3 Polres yakni di Polres Bekasi Kota, Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Polres Tangerang Kota.

"Kita baru ada 3 mobil, ke depan kita akan perbanyak jumlah ini," kata Gatot.

Gatot mengatakan, SKCK online ini untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih. Dengan adanya layanan SKCK online ini diharapkan mengurangi potensi pungli oleh oknum.


Peluncuran dihadiri Menpan-RB Syafruddin.Peluncuran dihadiri Menpan-RB Syafruddin. Foto: Polda metro luncurkan SKCK online (Samsuduha)


"Tujuan kita bagaimana kita dukung program pemerintah mewujudkan pemerintahan yang bersih, yang berikan pelayanan publik masyarakat dan meminimalisisr potensi kerawanan yang bisa dimanfaatkan oknum tertentu," lanjut Gatot.

Gatot mengatakan wilayah beroperasi mobil SKCK ini akan ditentukan oleh Polres-Polres terkait. Mobil SKCK ini akan memudahkan masyarakat untuk memperpanjang ataupun membuat SKCK baru, tentunya para masyarakat harus tetap membawa syarat-syarat yang berlaku.

Selain mobil SKCK, Polda Metro hari ini juga meluncurkan aplikasi sistem informasi masyarakat. Aplikasi ini di-launching dan hanya digunakan untuk internal kepolisian saja.

"Kita juga buat aplikasi pelayanan publik secara internal terkait senjata api dan kegiatan maysrakat itu sudah disiapkan dari intel," kata Gatot.

Dalam acara launching mobil SKCK ini, turut hadir Menpan-RB Syafruddin hingga pihak dari Ombudsman RI. Syafruddin dalam sambutannya menyambut baik peluncuran mobil SKCK tersebut.

"Tentu saya berterima kasih dengan Polri-Polda Metro Jaya yang sudah maju terus. Ini cukup menyentuh, banyak keluhan publik tentang SKCK dan adanya SKCK keliling bisa menampung keluhan masyarakat. Saya berikan apresiasi ke PMJ dan satu pesan saya interkoneksi harus betul-betul dijaga," kata Syafruddin.





(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com