detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 11:29 WIB

Yasonna: Lapas Sorong Perlu Listrik dan Air Segera

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Yasonna: Lapas Sorong Perlu Listrik dan Air Segera Menkum HAM Yasonna Laoly (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Nusa Dua - Menkum HAM Yasonna Laoly mengatakan pihaknya telah menangani kondisi lapas di Sorong, Papua Barat, pascakerusuhan berujung kebakaran. Meski demikian, dia menyebut ada masalah air dan listrik di lapas Sorong setelah insiden tersebut.

"Sudah ditangani, tetapi ini khusus air karena air harus ada listrik. Listrik dan air ini perlu sangat segera dan bahan makanan. Itu yang nanti laporan ke kakanwil terus kepada saya," kata Yasonna di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019). Yasonna berada di Hotel Westin setelah menjadi pembicara dalam diskusi panel bersama kader PKB.

Saat ditanya bagaimana agar kerusuhan di Lapas Sorong tidak berimbas ke lapas lain, Yasonna menyebut proses penangan sudah dibantu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.



"Itu sudah ditangani, sudah Pak Kapolri dan Pak Panglima sudah minta bantuannya," sebut Yasonna.

Yasonna menyebut pihaknya masih terus mengejar para napi yang kabur seusai kerusuhan di Lapas Sorong. "Belum, belum, sedang jalan terus," ucap Yasonna.

Untuk diketahui, Lapas Sorong berisi 547 narapidana. Seusai kerusuhan pada Senin (19/8), napi yang tinggal ada 289 orang dan yang kabur ada 258 orang. Satu petugas lapas terluka oleh napi karena menghalangi napi yang memaksa ke luar lapas.
(gbr/dhn)
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com