detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 07:13 WIB

Menhub Cek Kapal Ternak & Perintis di Pelabuhan Tenau Kupang

Mega Putra Ratya - detikNews
Menhub Cek Kapal Ternak & Perintis di Pelabuhan Tenau Kupang Foto: istimewa
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lawatan Menhub ini dalam rangka mendampingi Presiden Jokowi.

Menhub lalu meninjau Pelabuhan Tenau, tempat bersandarnya Kapal Ternak Cemara Nusantara 66 dan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 67. Menhub meminta KSOP dan jajarannya untuk mempersiapkan semuanya.

"Kalau bisa nanti kapal ternak dan kapal printis berdekatan, kalau Presiden mau melihat tidak terlalu jauh," ujar Menhub Budi dalam keterangannya, Rabu (21/8/2019).


Diketahui, kapal ternak ini bisa mengangkut 500 ekor sapi untuk tujuan Surabaya, Semarang dan Jakarta. Sementara kapal perintis yang melayani 13 Pelabuhan ini bisa mengangkut 800 orang.

Sebelumnya Menhub yang didampingi oleh Dirjen Laut Agus H. Purnomo bertemu dengan 30 Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Tenau Kupang di Pantai Teddys. Menhub berbincang dengan mereka sambil menikmati jagung bakar khas Kupang.

"Selamat malam, ada berapa orang anggotanya disini?," tanya Menhub.

"Ada 236-an Pak, semuanya. Kerjanya gantian, skemanya adalah 21 (hari) kerja, tapi kenyataannya kita hanya kerja 10 hari," ujar Sekjend TKBM Tenau Ernes.

Para tenaga kerja ini meminta perhatian kepada Menhub terkait dengan kondisi di Kupang. Apalagi, mereka mengeluhkan penghasilannya yang turun drastis.

"Kami bersyukur dapat perhatian dari Pak Menhub, jangan lupakan kami ya pak," harapnya.


Selain menanyakan soal teknis, Menhub juga akan mengusulkan ke Kementerian Tenaga Kerja agar dibuat balai diklat di Kupang. Menurutnya, para TKBM ini harus mengirimkan perwakilan untuk ikut diklat di Jakarta.

"Saya datang ke sini mau lihat Pelabuhan Tenau agar bisa berkembang, sekarang kan sudah angkut sapi. Kita berharap sapinya tambah banyak, agar kapal bisa ditambah. Saya pamit, selamat malam, tetap semangat ya," pesan Menhub.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Kupang, NTT. Presiden Jokowi rencananya akan memanen memanen 1.000 ton garam di Desa Nunkurus dan membagikan sertifikat tanah bagi warga.



Tonton juga video Rusak Mesin, 90 Penumpang KM Ilham Dievakuasi:

[Gambas:Video 20detik]


(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com