detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 03:17 WIB

Kapolda Jatim: Ormas di Surabaya Janji Bantu Buat Suasana Kondusif

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kapolda Jatim: Ormas di Surabaya Janji Bantu Buat Suasana Kondusif Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan memanggil sejumlah ormas di Surabaya. Pemanggilan ini membahas kedatangan beberapa ormas ke Asrama Mahasiswa Papua (AMP) untuk mengusut dugaan pembuangan dan perusakan bendera merah putih.

Luki sengaja memanggil perwakilan ormas ini untuk mengetahui apa yang terjadi hingga menyebabkan munculnya ketegangan di AMP. Luki pun mengapresiasi komitmen para perwakilan ormas untuk membantu menciptakan situasi kondusif.

"Ada dari Pemuda Pancasila, dari FPI yang kebetulan datang sebagai perwakilan audiensi terkait dengan peristiwa yang tanggal 17. Dan kami alhamdulillah mereka merespons keinginan dari kami untuk ikut serta menciptakan suasana yang kondusif di Jawa Timur," kata Luki di Rumah Dinasnya di Jalan Bengawan Surabaya, Selasa (20/8/2019).


Luki mengatakan ormas ini memiliki massa yang cukup banyak. Untuk itu, dia berharap banyaknya massa ini bisa meredam ketegangan yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Mereka sepakat untuk ikut membantu karena mereka juga memiliki massa yang cukup banyak dan mereka ke depan akan ikut serta dalam menciptakan rasa aman dan akan selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan baik itu TNI maupun Polri," imbuhnya.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat bertemu sejumlah ormas di Surabaya untuk membahas insiden gesekan di asrama mahasiswa PapuaKapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat bertemu sejumlah ormas di Surabaya untuk membahas insiden gesekan di asrama mahasiswa Papua (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)

Selain itu, saat pertemuan tadi, Luki bercerita jika para ormas ini meminta masukan darinya. Salah satunya, terkait cara menangkal berita bohong (hoax).


"Mereka akan selalu berkoordinasi dan mereka juga meminta masukan-masukan karena memang ada beberapa media yang pemberitaan dari mereka yang sangat menyudutkan dari berita-berita dalam tiga hari terakhir. Banyak berita yang menyudutkan kelompok-kelompok tertentu baik itu ormas, OKPhoax (organisasi kepemudaan) atau perorangan," lanjut Luki.

"Kami akan bersama-sama dengan mereka untuk menciptakan Jawa Timur dan menjaga Jawa Timur untuk aman ke depannya," pungkasnya.


Simak Video "Risma Bantah Pengusiran Mahasiswa Papua di Surabaya"

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com