detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 23:21 WIB

Bongkar Mafia Properti, 36 Personel Polda Metro Raih Award dari MenPAN-RB

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Bongkar Mafia Properti, 36 Personel Polda Metro Raih Award dari MenPAN-RB Gedung Mapolda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 36 anggota Ditreskrimum Polda Metro Jaya mendapat penghargaan dari Menpan-RB Syafruddin. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi karena telah membongkar mafia tanah dan properti.

"Atas penganugerahan bagi anggota Polri yang berprestasi, ini adalah penyemangat kami semakin melayani masyarakat dengan baik," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (20/8/2019).

Wahyu mengatakan penghargaan diraih merupakan hasil kerja keras dan kerja sama anggotanya dengan instansi terkait. Salah satunya dalam kasus penipuan jual-beli rumah mewah di Jakarta yang berhasil diungkap oleh Subdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya.


"Capaian ini bukan karena anggota Polri semata tetapi karena mekanisme kerjasama, koordinasi, kolaborasi yang aktif lintas stakeholder dan juga dukungan masyarakat," ungkap Wahyu.

Untuk diketahui, Subdit Harda di bawah pimpinan Dirkrimum Kombes Suyudi Ario Seto dan Kasubdit Harda Kompol M Gafur berhasil mengungkap sindikat penipu jual-beli rumah mewah di Jakarta yang harga rumah itu mencapai Rp 15 miliar lebih. Para sindikat itu menggunakan modus berpura-pura ingin membeli rumah mewah dan notaris palsu untuk memuluskan aksinya.

Sindikat ini bekerja dengan cara berkelompok hingga berhasil menipu korban dan berhasil menggadaikan sertifikat rumah korban untuk mendapatkan keuntungan. Polda Metro Jaya juga menggandeng Kementerian ATR/BPN untuk menyelidiki kasus tersebut.

Total, sebanyak 36 anggota Polda Metro Jaya mendapatkan penghargaan. Selain kasus penipuan jual-beli rumah mewah, Menpan-RB juga memberikan penghargaan kepada Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya karena berhasil mengungkap kasus penipuan CPNS.

36 anggota Polda Metro yang mendapat penghargaan terbagi dari 15 anggota Subdit Kamneg dan 24 anggota Subdit Harda, di antaranya Kombes Suudi Ario Seto, AKBP Ade Ary Syam, Kompol M Gafur Siregar, Kompol Alrasyidin Fajri, AKP Reza Mahendra Seligt, AKP Agus Ady Wijaya, AKP Tri Buana Yudha, Iptu Niluh Sri Arsini, Ipda Anif Yohani, Ipda Anang Budi Arso.



(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com