detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 21:48 WIB

Jokowi Ingatkan Wayan Koster karena PKB Gelar Muktamar di Bali

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jokowi Ingatkan Wayan Koster karena PKB Gelar Muktamar di Bali Jokowi di muktamar PKB di Bali. (Noval/detikcom)
Denpasar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Muktamar V PKB di Nusa Dua, Bali. Jokowi pun sempat melempar canda dengan mengingatkan PDIP dan karena PKB menggelar muktamar di Bali.

"Kita patut bersyukur bahwa pada hari ini PKB menyelenggarakan muktamar di Bali setelah 12 hari yang lalu PDI Perjuangan juga menyelenggarakan kongres di Bali," kata Jokowi dalam sambutannya di Muktamar V PKB, di The Westin, Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019).

Jokowi mengungkapkan, dia berpikir karena PKB menggelar muktamar di Bali. Berbeda dengan PKB, PDIP, yang sebelumnya juga menggelar kongres di Bali, punya alasan kuat menggelar kongres di Bali.


"Kalau PDI Perjuangan punya alasan kuat kenapa kongres diadakan di Bali, memang basis terkuat PDI Perjuangan di Bali," kata Jokowi.

Jokowi lalu memberi peringatan ke Gubernur Bali Wayan Koster yang juga Ketua DPD PDIP Bali untuk berhati-hati karena muktamar PKB digelar di daerahnya.

"Terus kalau PKB muktamar di Bali itu pasti juga ada alasannya. Saya tidak tahu alasannya apa, saya hanya menebak, jangan-jangan PKB juga ingin memperoleh suara besar di Bali. Hati-hati, Pak Gub, hati-hati, hati-hati, hati-hati," kata Jokowi mengingatkan Wayan Koster, dan disambut tawa hadirin.


Namun Jokowi juga melihat maksud lain dari pemilihan Bali sebagai tempat muktamar PKB.

"Tapi memang kelihatannya, memang PKB yang partainya Nahdliyin ingin dekat dengan masyarakat Hindu dan tentu saja tujuan akhirnya adalah untuk persatuan bangsa dan kebangkitan bangsa," ucap Jokowi.
(nvl/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com