detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 18:09 WIB

KPAI Panggil Duo Semangka, Klarifikasi Video Tak Patut di YouTube

Tim detikcom - detikNews
KPAI Panggil Duo Semangka, Klarifikasi Video Tak Patut di YouTube Duo Semangka (Foto: Gabriella Wijaya/detikcom)
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memanggil artis Duo Semangka untuk klarifikasi. Video Duo Semangka diduga tak mendidik.

Pemanggilan itu diketahui dari surat yang beredar di media sosial. Surat tersebut menunjukkan anggota Duo Semangka, yaitu Clara Gopa dan Vhanya Kiara, dipanggil pada Senin (19/8) kemarin ke KPAI.


Pemanggilan ini gara-gara video Duo Semangka yang tersebar banyak disorot publik. Video mereka dikhawatirkan ditiru anak-anak.

"KPAI melakukan telaah terhadap video yang di-upload oleh akun Duo Semangka Official di media sosial YouTube. Adapun beberapa video dimaksud diduga memiliki muatan tidak mendidik sehingga dikhawatirkan jika anak-anak melihatnya, rentan meniru konten tersebut, dan berdampak bagi upaya proses pembentukan karakter anak," demikian bunyi surat undangan klarifikasi tersebut.

Ketua KPAI Susanto membenarkan undangan klarifikasi tersebut. Menurutnya, pemanggilan ini akibat ada keluhan masyarakat.

"Memang ada sejumlah keluhan masyarakat atas video diduga dari Duo Semangka yang tidak sesuai dengan asas-asas kepatutan. Dikhawatirkan jika anak-anak melihat meniru yang bersangkutan," kata Susanto saat dimintai konfirmasi, Selasa (20/8/2019).


Susanto ingin mengajak semua artis untuk menebar konten positif di media sosial. "Karena usia anak yang mengakses media sosial sangat banyak. Ini juga harus menjadi tanggung jawab sosial semua pihak termasuk artis," tambahnya.



Tonton Video Duo Semangka Asuransikan Payudaranya Rp 1 M:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com