detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 16:23 WIB

Longsor di Sidrap Sulsel Bikin 7 Dusun Terisolir

Hasrul Nawir - detikNews
Longsor di Sidrap Sulsel Bikin 7 Dusun Terisolir Longsor di Sidrap, Sulsel (Foto: dok. Istimewa)
Sidrap - Tujuh dusun di Desa Leppangeng, Sidrap, Sulsel, terisolasi akibat tanah longsor. Longsor juga merusak perkebunan cengkeh warga.

Ketujuh dusun yang terisolasi karena aksesnya terputus adalah Dusun Walawala, Lumpingan, Lengke, dan Rante Siwa. Kemudian Dusun Leppangeng, Galung, dan Tosemang.

"Material longsor berupa tanah lumpur dan batu terdapat di 23 titik dan menutup jalan," ujar Komandan Lapangan Tanggap Darurat Kabupaten Sidrap Letkol Inf JP Situmorang saat dihubungi, Selasa (20/8/2019).




Dandim 1420 Sidrap ini mengatakan pihaknya bersama BPBD sedang berupaya membuka kembali jalan yang tertutup material longsor. Longsor terjadi di sejumlah titik jalan sepanjang 24 kilometer.

"Kita masih melihat situasinya dulu, karena alat berat tidak bisa kita bawa ke lokasi kalau kondisi masih hujan," kata Situmorang.


Longsor di Sidrap, SulselLongsor di Sidrap, Sulsel (Foto: dok. Istimewa)



Sementara itu, Kepala Desa Leppangeng, Alias, mengatakan tanah longsor membuat aktivitas warga, terutama arus angkutan hasil bumi, terganggu.

Longsor yang terjadi saat ini, menurutnya, merupakan longsor terparah sejak beberapa tahun terakhir. "Jalur yang terkena longsor itu satu-satunya jalan penghubung ke dusun itu," kata Alias.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com